Ingat! Telat Beli Pelatihan Prakerja, Kepesertaan Auto Dicabut

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 12:58 WIB
Prakerja Gelombang 19
Ingat! Telat Beli Pelatihan Prakerja, Kepesertaan Auto Dicabut
Jakarta -

Pemerintah telah memperpanjang Program Kartu Prakerja hingga akhir 2021 mendatang. Peserta hang lolos akan menerima manfaat pelatihan yang nilainya Rp 1 juta. Lalu peserta juga akan mendapatkan uang cash sebesar Rp 2,4 juta yang dicicil penerimanya.

Bagi peserta yang mengisi survei juga bisa mendapatkan Rp 150 ribu untuk tiga kali survei. Sehingga total manfaat setiap peserta Kartu Prakerja adalah Rp 3,55 juta.

Di dalam program tersebut, peserta akan mendapatkan beberapa pelatihan dari berbagai platform. Khusus untuk gelombang 18, batas akhir pembelian pelatihan sampai 22 September 2021 pukul 23.59 WIB.

"Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 18, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!," tulis akun instagram resmi @prakerja.go.id dikutip Senin, (20/9/2021).

Dikonfirmasi secara terpisah, Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, setiap peserta mendapatkan waktu 30 hari untuk menentukan sekaligus membeli pelatihan. Jika terlambat maka kepesertaan akan otomatis dicabut.

"Setiap orang yang menjadi peserta Kartu Prakerja wajib membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai peserta. Kalau tidak, maka kepesertaannya dicabut dan dia tidak bisa mengikuti seleksi Kartu Prakerja lagi," kata Louisa kepada detikcom.

Artinya, jika tidak membeli dan menyelesaikan pelatihan maka otomatis tidak akan menerima insentif. Syarat menerima insentif adalah sudah menyelesaikan pelatihan pertama, mendapat sertifikat serta memberikan rating dan ulasan tentang pelatihan yang diambil

Aturan tersebut juga sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 11 Tahun 2020. Beberapa platform yang tersedia di Kartu Prakerja diantaranya Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar, Pintaria, Karier.mu dan Tokopedia.

Adapun, cara untuk membeli pelatihan yajtu sebagai berikut:

1. Ada 7 platform digital yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja. Sobat bisa membeli pelatihan di salah satu dari platform digital ini.

2. Pilih pelatihan yang diinginkan dan bayar dengan menggunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Pastikan nomor handphone yang terdaftar di Kartu Prakerja aktif karena Sobat akan menerima nomor OTP.

3. Setelah itu, Sobat akan mendapat Kode Voucher berbentuk gabungan acak huruf dan/atau angka. Salin Kode Voucher itu untuk dipakai mengakses pelatihan yang sudah dipilih.

4. Bikin akun (sign-up) atau masuk (sign-in) ke halaman lembaga pelatihan yang kamu pilih. Cari kelas yang telah kamu pilih/beli. Masukkan Kode Voucher dan sekarang kamu bisa memulai pelatihan.

5. Informasi lebih detil mengenai cara menggunakan/menukar Kode Voucher ini dapat dilihat di halaman setiap lembaga pelatihan.

(fdl/fdl)