Pemerintah Rogoh Rp 5,5 M buat Boyong 2.350 PNS ke Ibu Kota Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 14:50 WIB
Pindah Ibu Kota
Foto: Pindah Ibu Kota (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan kebutuhan anggaran untuk persiapan pemindahan PNS/ASN ke ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Dana yang diperlukan diperkirakan sebesar Rp 5,5 miliar.

Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan dana tersebut diperlukan untuk pemetaan atau penilaian potensi dan kompetensi ASN menyasar 2.350 orang. Itu masuk ke dalam proyek nasional BKN tahun 2022.

"Pemetaan atau penilaian potensi kompetensi ASN khusus untuk ASN yang akan dipindahkan ke ibu kota baru dengan target 2.350 orang dan alokasi anggaran sebesar Rp 5,5 miliar," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (20/9/2021).

Selain untuk keperluan di atas terdapat proyek lain, yaitu penyusunan instrumen pemetaan atau penilaian kompetensi ASN dengan target 2 rekomendasi kebijakan dengan alokasi senilai Rp 4 miliar.

Selanjutnya penyusunan juknis atau juklak percepatan penerapan sistem manajemen kinerja terintegrasi di seluruh kementerian/lembaga/daerah dengan target satu rekomendasi kebijakan dengan alokasi Rp 3,5 miliar.

Kemudian penyusunan rencana pengembangan karir instansi pemerintah dengan target 137 lembaga dengan alokasi Rp 1,9 miliar. Lalu layanan data kepegawaian ASN terintegrasi dengan target satu layanan dengan alokasi Rp 3,2 miliar.

Berikutnya adalah sistem informasi ASN dengan target satu sistem informasi dengan alokasi Rp 3,8 miliar. Terakhir pengawasan dan pengendalian atau penerapan integritas dan moralitas di kementerian/lembaga/daerah dengan alokasi Rp 4,3 miliar.

(toy/dna)