Ibu Kota Jadi Pindah, Aset yang di Jakarta buat Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 17:34 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati pastikan ekonomi nasional resmi resesi pada kuartal III-2020. Hal itu menyusul revisi proyeksi yang dilakukan Kementerian Keuangan.
Ibu Kota Jadi Pindah, Aset yang di Jakarta buat Apa?
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan terus berlanjut. Saat ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang melakukan pemetaan terkait pemanfaatan aset Kementerian dan Lembaga (K/L).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban mengatakan belum ada kepastian dan belum ada proses yang berlangsung terkait pemanfaatan aset. Hingga saat ini juga belum ada K/L yang menyerahkan asetnya.

"Kita akan sesuai sequence, tapi sampai saat ini dari K/L belum ada yang resmi. Jadi biasanya, menurut kita itu nanti setelah pindah, baru kemudian akan ada proses di mana pengguna barang menyerahkan kepada kami sebagai pengelola barang," ujar Rionald dalam bincang bareng DJKN secara virtual, Jumat (10/9/2021).

Rionald menyebut jika memang nantinya K/L dipindah, belum tentu aset yang ada saat ini tak lagi digunakan.

"Jadi dugaan kami nanti setelah kepindahan berlangsung, barulah pengguna barang akan diskusi dengan kami sebagai pengelola barang mengenai aset-aset yang mereka tinggalkan. Itu juga nggak berarti kalau terjadi pemindahan, gini, kita nggak bisa berasumsi secara pasti ketika pindahan maka pengguna nggak butuh," tuturnya.

Lihat juga video 'Jokowi Berencana Serahkan Surpres RUU Ibu Kota Baru ke DPR':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut ke halaman berikutnya.