Ribuan Warga Kawasan Penyangga Danau Toba Ikuti Vaksinasi COVID-19

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 06:56 WIB
Vaksinasi COVID-19 terus digencarkan. Salah satunya dilakukan oleh Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta.
Ribuan Warga di Kawasan Penyangga Danau Toba Ikuti Vaksinasi COVID-19
Jakarta -

Ribuan warga Balige yang berada di kawasan Toba mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 massal. Program vaksinasi kedua yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Toba ini didukung oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank.

Dalam rangkaian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebanyak 50.000 dosis di Kabupaten Toba yang berlangsung tanggal 16-21 September 2021, LPEI menyampaikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Toba berupa 38 tabung oksigen, 10.000 masker kain dan 400 pasang sarung tangan medis.

Bantuan tabung oksigen untuk 19 puskesmas kecamatan diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Pelaksana IV LPEI, Henry Sihotang, kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus, disaksikan Hendrik Tobing, mewakili Kepala Kanwil Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI, jajaran Pemkab Toba, tokoh masyarakat dan peserta vaksinasi.

"Kami mendukung Pemerintah Kabupaten Toba mencapai target herd immunity dan melengkapi pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di 19 kecamatan dengan tabung oksigen, sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan semakin optimal," Henry Sihotang dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Antrian peserta sejak pukul 08.00 WIB menunjukkan antusiasme dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi kedua untuk memperkuat daya tahan tubuh menghadapi pandemi Covid19 yang telah berlangsung selama lebih dari satu setengah tahun ini.

Pada acara penyerahan bantuan LPEIPeduli, Pemerintah Kabupaten Toba mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh LPEI. Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan,

"Semua pihak harus bekerja sama untuk mengatasinya. Terima kasih kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atas pemberian CSR kepada Kabupaten Toba dan akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk melawan Covid-19 ini."

(fdl/fdl)