Kemenhub Putar Otak Tekan Angka Kecelakaan di Jalan, Caranya?

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 17:23 WIB
Gedung Kementrian Perhubungan RI
Foto: Ari Saputra

Sementara itu, Direktur PKTJ Tegal, Siti Maimunah mengatakan bahwa penerapan sistem manajemen keselamatan sangat penting karena menyangkut keselamatan di bidang transportasi, khususnya jalan. Terlebih hingga saat ini korban kecelakaan dari kendaraan bermotor masih cukup tinggi.

"Saya rasa banyak pihak yang menaruh perhatian dengan sistem manajemen keselamatan ini dan untuk menekan angka kecelakaan, khusus pada angkutan umum diperlukan pembahasan yang intens agar semua pihak lebih aware terhadap hal ini. Dan untuk ini, kami dari kalangan akademisi akan sangat siap jika diikutsertakan untuk berpartisipasi dalam melakukan pembinaan, pelatihan dan monitoring untuk penerapan sistem ini," katanya.

CEO PT Krakatau Argo Logistics, David Rahadian mengatakan sebagai operator angkutan logistik telah menjalankan banyak sistem manajemen untuk memperlancar usahanya. Namun demikian pihaknya melihat sistem manajemen keselamatan sangat penting dan harus diterapkan oleh manajemen agar terhindar dari kerugian materi dan jiwa.

"Alhamdulillah pada bulan Mei lalu kami telah menyempurnakan semua sistem manajemen keselamatan di perusahaan, dan kami merupakan perusahaan angkutan barang pertama yang memperoleh sertifikat sistem manajemen keselamatan tersebut," katanya.

David juga menjelaskan bahwa dalam perekrutan petugas yang bertanggungjawab di bidang sistem manajemen keselamatan, pihaknya melakukan sejumlah penilaian seperti sertifikat keahlian. Bahkan ke depan bukan tidak mungkin perusahaannya akan merekrut lulusan dari PKTJ Tegal.


(ara/ara)