Keren, Gerai BRILink di Lampung Ini Dibuat Mirip Kantor Bank!

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 14:02 WIB
Agen BRILink
Foto: dok. Agung Pambudhy/detikcom
Lampung Tengah -

Sejak 2015, Nanang Fachrurozy membuka usaha sebagai Agen BRILink. Uniknya, gerai BRILink yang ia kelola dibuat menyerupai kantor bank lengkap dengan meja teller serta kursi tunggu.

Nanang mengungkapkan, gerai BRILink yang dikelolanya dalam payung CV Gunung Jati memiliki ciri khas bangunan fisik yang tertata rapi. Ia berprinsip dengan penataan gerai yang baik, maka pelanggan akan lebih nyaman dan percaya untuk bertransaksi di tempatnya.

Salah satu gerai BRILink yang dikelola Nanang berlokasi tepat di seberang kantor BRI Cabang Bandar Jaya. Di gerai tersebut, terdapat meja teller lengkap dengan mesin EDC untuk pelayanan, plus kursi besi untuk pelanggan yang menunggu dilayani bertransaksi.

"Konsep saya buat pribadi sendiri karena loket yang pertama saya buka juga memang seperti ini. dan kita juga berkaitan dengan instansi BRI, kalau kita asal-asalan, kan nama baik BRI juga bisa terpengaruh. (Selain itu) juga saya punya ciri khas khusus, jadi keagenan saya, saya punya grup CV Gunung Jati ini ciri khasnya seperti ini, neon block-nya begini, jadi kita punya ciri khas dari beberapa loket/cabang," jelas Nanang kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Agen BRILinkAgen BRILink Foto: dok. Agung Pambudhy/detikcom

Tak hanya membuat penataan bangunan menyerupai kantor bank, Nanang juga mendidik karyawannya untuk profesional dalam melayani pelanggan. Nanang menerapkan prinsip 'One Man One Minute' dalam layanan di Gerai BRILink miliknya, sehingga para karyawan harus dapat melayani dengan cepat dan tepat.

"Saya juga training anak-anak (karyawan), saya kasih SOP. Saya sendiri yang bikin. SOP dan laporan serah terima saya bikin untuk Gunung Jati Group ini. Saya bikin branding dan SOP sendiri. Jadi begitu kita membutuhkan karyawan, kita training satu minggu, kita kasih SOP, kalau sudah bisa baru kita kasih pelayanan," jelas Nanang.

Ia mengatakan bangunan yang tertata rapi plus pelayanan profesional membuat gerai BRILink kelolaannya dipercaya pelanggan. Nanang mengungkapkan dalam sebulan transaksi di Gerai BRILink miliknya yang berada di depan kantor BRI Cabang Bandar Jaya mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

"Jadi jika ada nasabah dari daerah mana itu mampir, bisa tahu dengan melihat konsep ini kalau Agen (BRILInk) ini milik Pak Nanang. dibuat seperti ini biar lebih terpercaya dan orang tahu kalau tempat Pak Nanang transaksinya lebih valid," urai Nanang.

Sebagai informasi, detikcom bersama BRI mengadakan program Sinergi Ultra Mikro di Bandar Lampung dan Semarang untuk memantau upaya peningkatan inklusi finansial masyarakat melalui sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM dalam Holding Ultra Mikro. Holding Ultra Mikro berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan untuk peningkatan UMKM di Tanah Air.

Untuk informasi lebih lengkap, ikuti beritanya di https://sinergiultramikro.detik.com/.

(prf/ang)