Penghasilannya Gede, Ini 5 Pekerjaan Freelance Yang Paling Banyak Diminati

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 11:46 WIB
Mobile Office at home. Young woman in pajamas sitting on bed at home working using on laptop pc computer. Lifestyle girl studying indoors. Freelance business quarantine concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Iuliia Zavalishina
Jakarta -

Freelance kini jadi salah satu pilihan orang untuk menambah penghasilan. Selama kuartal I-2021, Forbes melaporkan beberapa platform Freelancer.com memposting lebih dari setengah juta pekerjaan.

Selama periode yang sama, FlexJobs.com, salah satu situs freelance juga melaporkan peningkatan 10%+ dalam memposting berbagai jenis pekerjaan lepas.

Pendiri SideHusl.com Kathy Kristof mengatakan, tren freelance tidak akan berkurang dalam waktu dekat. Justru akan membuka peluang kerja bagi pensiunan atau orang yang berusia di atas 50 tahun.

"Perusahaan khawatir bahwa ekonomi tidak akan cukup kuat untuk menambah posisi permanen. Tetapi pasar freelance memberi perusahaan kemampuan untuk meminta ahli khusus untuk memecahkan masalah yang relatif jarang sesuai permintaan," kata Kristof.

Jadi, jika Anda berpikir untuk menghasilkan pendapatan sampai pasar kerja stabil atau untuk mendapatkan uang tambahan di masa pensiun, sekarang adalah saat yang tepat.

Dikutip dari Forbes, Jumat (24/9/2021) menurut studi Pusat Penelitian Pensiun di Boston College yang dikutip oleh Presiden dan CEO Dewan Nasional, 75% pekerja wiraswasta berusia 50 tahun ke atas bekerja secara mandiri seperti pekerja lepas dan pekerja pertunjukan.

Berikut adalah lima opsi freelance untuk dipertimbangkan, diambil dari survei terbaru oleh Freelancer.com dan FlexJobs.com, bersama dengan masukan dari SideHusl.com. Ketiga situs tersebut adalah situs freelance terbaik untuk mulai mencari pekerjaan lepas, tetapi Anda juga dapat menemukan peluang dengan menjangkau jaringan profesional dan pribadi Anda.

1. Produser Konten

Menurut Hosting Tribunal, saat ini ada sekitar 400 juta situs web aktif di seluruh dunia, hampir dua kali lipat jumlahnya daripada 2019. Hal itu mendorong permintaan akan orang-orang yang dapat menulis konten yang menarik.

Freelancer.com melaporkan bahwa selama kuartal pertama tahun 2021, postingan untuk penulis blog, penulis medis, dan bantuan penulisan buku semuanya diminati dan ludes.

"Kunci dalam pekerjaan menulis adalah memiliki spesialisasi yang membuat Anda memenuhi syarat secara unik. Bila Anda memiliki keahlian sejati di suatu bidang, Anda dapat menulis lebih cepat dan berwibawa, menjangkau sumber-sumber utama, dan dapat menargetkan publikasi yang akan menghargai pekerjaan Anda," saran Krsitof.

Kisaran gaji untuk pekerjaan menulis ini sangat bervariasi. Kristof mengatakan, sebagian besar situs penulisan memberikan bayaran dengan harga sen (atau pecahan sen) per kata. Tetapi ada juga situs yang membayar antara 25 sen dan US$ 2 atau sekitar Rp 28.490 per kata (kurs dolar Rp 14.245), tergantung pada topik dan kerumitannya.

2. Layanan Bilingual

Dalam dunia bisnis yang semakin mengglobal, kebutuhan akan orang-orang dengan kemampuan dwibahasa yang dapat menerjemahkan, mentranskripsi, dan menghasilkan konten lebih dibutuhkan daripada sebelumnya. Freelancer.com melaporkan bahwa posting untuk penerjemah Jerman, Prancis dan Spanyol meningkat selama kuartal pertama tahun ini (masing-masing sebesar 44%, 24% dan 18%). Dan jumlah pekerjaan bilingual jarak jauh di FlexJobs telah tumbuh 30% sejak awal Februari.

"Keahlian terpenting untuk pekerjaan penerjemahan yang kami lihat di FlexJobs adalah kemampuan untuk benar-benar berbicara, membaca, dan menulis bahasa yang dicari dengan lancar," kata Brie Reynolds, Manajer Pengembangan Karir di Flexjobs.com.

Jika Anda fasih dalam lebih dari satu bahasa, Anda dapat mendapatkan US$ 20 atau sekitar Rp 284.885 hingga US$ 40 sekitar Rp 569.770 per jam atau lebih dengan bekerja sebagai penerjemah.

Simak juga Video: Omesh Kurangi Pekerjaan Selama PPKM Darurat

[Gambas:Video 20detik]