10 Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi di Dunia, Jokowi Masuk?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 15:06 WIB
FILE - In this Dec.10, 2019, file photo, Saudi King Salman talks during the 40th Gulf Cooperation Council Summit in Riyadh, Saudi Arabia. Saudi Arabias King Salman was discharged from a hospital in the capital, Riyadh, after more than a week following surgery to remove his gall bladder, the Royal Court said in a statement late Thursday, July 30, 2020. (AP Photo/Amr Nabil, File)
10 Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi di Dunia, Jokowi Masuk?
Jakarta -

Kepala negara atau pemerintahan memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya. Jadi, tak heran jika penghasilan yang didapat kepala negara nominalnya cukup besar.

Seperti beberapa kepala negara berikut ini yang menempati top 10 besar dengan penghasilan tertinggi di dunia. Sebagai bocoran, kepala negara Amerika Serikat, Presiden Joe Biden tidak masuk dalam daftar tersebut. Padahal AS menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Presiden RI Joko Widodo juga tidak masuk dalam daftar tersebut.

Lantas siapa yang menduduki kepala negara dengan penghasilan terbesar di dunia?

Dikutip dari Zippia, Jumat (24/9/2021), berikut daftarnya 10 kepala negara dengan penghasilan tertinggi sejagat:

1. Raja Arab Saudi - Salman bin Abdulaziz al-Saud

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud tercatat mengantongi penghasilan sebesar US$ 9.600.000.000 setara Rp 137 triliun (kurs Rp 14.272). Dengan gaji itu, Raja Salam disebut tidak mendapatkan tunjangan sepeserpun.

Untuk diketahui, sejak tahun 2015 kekuasaan Kerajaan Arab Saudi dipegang oleh Raja Salman bin Abdulaziz. Sebelum duduk sebagai penguasa Arab Saudi, Raja Salman menduduki jabatan sebagai putra mahkota dan wakil perdana menteri. Selain itu, ia juga pernah dipercaya menjadi gubernur wilayah Riyadh.

2. Presiden Uni Emirat Arab (UEA)

UEA dipimpin oleh Presiden Khalifa Bin Zayed Al Nahyan. Gaji yang didapat tercatat sebesar US$ 4.608.273.000 setara Rp 65,7 triliun. Khalifa Bin Zayed Al Nahyan menjabat sebagai presiden sejak 3 November 2004.

3. Sultan Brunei Darussalam - Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menempati kedudukan ketiga dengan gaji kepala negara tertinggi di dunia. Gajinya tercatat sebesar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun.

Sebagai informasi, Sultan Hassanal Bolkiah adalah salah satu raja absolut terakhir di dunia bersama dengan eSwatini, Oman, Arab Saudi, Kota Vatikan, dan Uni Emirat Arab. Tidak mengherankan, dengan semua kekuatannya, dia memiliki gaji yang luar biasa.

4. Emir Kuwait - Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah

Emir Kuwait tercatat akan mendapatkan gaji sebesar US$ 165 juta setara Rp 2,3 triliun. Pimpinan Emit Kuwait saat ini dipegang oleh Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber yang mendapat sejak 29 September 2020.

5. Ratu Inggris - Elizabeth II

Ratu Inggris, Elizabeth II tercatat mendapatkan gaji sebesar US$ 122.442.508. Tahta Ratu Inggris yang dia dapat sekarang diduduki sejak 1953 setelah ayahnya, King George VI, meninggal dunia.

Siapa lagi? lanjut halaman berikutnya.