7 BUMN Mau Dibubarkan Erick Thohir, Salah Satunya Bekas Kantor Jokowi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 15:31 WIB
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir berencana membubarkan 7 BUMN. Salah satu perusahaan pelat merah yang akan dibubarkan adalah PT Kertas Kraft Aceh (Persero).

Sebagai perusahaan pelat merah, Kertas Kraft Aceh bukanlah perusahaan biasa. Sebab, perusahaan ini pernah menjadi tempat bekerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pemberitaan detikcom, 2 Maret 2016 lalu, Jokowi menyempatkan bertemu dengan sahabat-sahabat lamanya ketika berkunjung ke Aceh. Pertemuan digelar sambil makan siang di Rumah Makan Putri Simpang Tige, Jalan Rembele, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Lokasi rumah makan ini hanya berjarak sekitar 300 meter dari Bandara Rembele yang baru saja diresmikan Jokowi.

Ada sekitar 20 orang sahabat lama Jokowi yang dikumpulkan dan diajak berbicara sambil santap siang. Pertemuan berlangsung santai di rumah makan sederhana yang menjual masakan khas Gayo. Para sahabat Jokowi itu mengenakan ID bertuliskan 'Sahabat'.

"Kami 6 orang satu divisi kehutanan dan bahan baku masuk pabrik," ucap salah seorang sahabat Jokowi, Soelistyotomo usai pertemuan.

Soelis bercerita, perusahaan tempat dia dan Jokowi bekerja bernama PT Kertas Kraft Aceh (KKA) milik BUMN yang memproduksi kertas kantong semen. Jokowi bersama 5 rekan lainnya dikirim untuk bekerja di Aceh.

Jokowi yang kala itu sebagai supervisor untuk survei hutan dan potensi bahan baku kertas, bekerja dan tinggal di Aceh sekitar dua tahun yaitu pada tahun 1986-1988.

"Bagi-bagi survei jalan dari Lhokseumawe sampai Aceh Tengah. Selain itu melihat potensi hutan dan perkantoran," cerita Soelis.

Di tengah santap siang itu, Jokowi dan para sahabatnya juga bicara soal kondisi terkini perusahaannya. Jokowi heran hutan pinus tempat mereka bekerja dulu sudah habis.

"Kok hutan kita habis, itu sejarah kita. Kita minta penanaman kembali dan ada perhatian dari pemerintah termasuk untuk pertanian dan peternakan," papar Soelis.

Soelis juga berbicara mengenai sosok Jokowi saat masih bekerja dulu. Baca di halaman berikutnya.