Sudah Tahu Belum, Begini Cara Dapat Bantuan PPKM Prakerja dan Subsidi Gaji

Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 15:51 WIB
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah telah memastikan kalau sejumlah program bantuan sosial (bansos) selama PPKM akan terus dilanjutkan. Bagaimana cara dapatnya?

Meski demikian sebagian masyarakat yang memerlukan masih belum menerima bantuan tersebut lantaran tidak tahu cara mendapatkan bantuan PPKM.

Padahal pemerintah berencana untuk terus menyalurkan sejumlah bansos tersebut hingga tahun 2022 mendatang. Hal ini dilakukan pemerintah guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Namun perlu diingat bahwa cara mendapatkan bantuan PPKM berbeda-beda.

Untuk bansos kartu Prakerja misalkan, masyarakat dapat mendaftarkan diri dalam program kartu Prakerja melalui website resmi prakerja.go.id.

Pendaftaran program Kartu Prakerja sendiri dilakukan dalam beberapa gelombang. Setelah mendaftar, peserta akan diminta untuk mengikuti seleksi program Kartu Prakerja ini. Bila diterima, peserta baru dapat menerima manfaat dari bantuan PPKM Kartu Prakerja ini.

Ada juga subsidi upah di mana penerima bantuan tidak perlu mendaftarkan diri secara langsung sebab data penerima bantuan telah disaring langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta, maka pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri ke dinas bidang koperasi dan UKM di masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

Selain itu ada juga bansos-bansos lain seperti kartu sembako, BLT Desa, Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disiapkan oleh Kemensos. Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan PPKM dari Kemensos ini?

Cara mendapatkan bantuan PPKM dari kemensos yang termudah adalah dengan melakukan konfirmasi langsung ke perangkat desa maupun kelurahan jika data Anda belum masuk dalam daftar penerima bansos yang diusulkan oleh RT atau RW. Apabila memenuhi syarat penerima bansos, maka Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan yang isinya teknis pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk membawa berkas seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan kode untuk keluarga yang dimiliki dalam data terpadu saat mencairkan bansos tersebut.

Demikian cara mendapatkan bantuan PPKM. Perlu diingat bahwa setiap bansos memiliki syarat dan cara daftarnya masing-masing.



Simak Video "Bupati Ciamis Sidak Gudang Bulog, Antisipasi Beras Bantuan PPKM Jelek"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)