Pertamina SMEXPO Genjot Pemasaran-Nilai Jual Abon Ikan Asin Layur

Inkana Putri - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 16:26 WIB
Pemerintah menganggarkan anggaran untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di 2021 mencapai Rp 699,43 triliun.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pertamina terus berupaya mendorong UMKM di Indonesia, salah satunya melalui kegiatan Pertamina SMEXPO. Di tahun ini, Pertamina kembali menghadirkan Pertamina SMEXPO 2021 bertema 'Berani Keren se-Indonesia'.

Kegiatan ini digelar dengan tujuan mempersiapkan program-program yang mendukung UMKM Mitra Binaan agar Go Modern, Go Global dan Go International.

"Mitra binaan Pertamina diharapkan bisa lebih mandiri dan mampu beradaptasi dengan pandemi dan perkembangan dunia digital," ujar Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Fajriyah menyampaikan Pertamina SMEXPO 2021 merupakan salah satu langkah Pertamina mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Fajriyah menyebut Pertamina SMEXPO 2021 menjadi salah satu bentuk implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tenaga kerja penuh dan produktif. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"GBBI adalah gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Pertamina SMEXPO tentunya ikut mendukung GBBI karena memiliki semangat yang sama untuk kemajuan UMKM Indonesia," ungkapnya.

Pertamina SMEXPO 2021 juga merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sejalan dengan kerangka ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dijalankan Pertamina.

Fajriyah berharap hadirnya Pertamina SMEXPO dapat mendorong terbukanya lapangan kerja baru.

"Pertamina SMEXPO 2021 diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru serta mendorong pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Fajriyah.

Pelaksanaan Pertamina SMEXPO pun memberi dampak positif bagi UMKM Mitra Binaan Pertamina. Salah satunya seperti yang dirasakan Amiroh, pelaku UMKM yang bergerak dalam pembuatan abon ikan asin layur.

Amiroh mengatakan kegiatan SMEXPO 2020 memberi dampak yang cukup besar terhadap UMKM miliknya. "Pertamina SMEXPO memiliki nilai magic, luar biasa," katanya.

Sejak pandemi COVID-19 mewabah, Amiroh mengatakan pemasaran produknya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Namun, sejak mengikuti Pertamina SMEXPO 2020, Amiroh merasakan perubahan signifikan pada bisnisnya.

"Penjualan cenderung adem ayem saja, bahkan menurun karena dampak COVID-19," ujarnya.

"Begitu lolos di SMEXPO, pemasaran dan nilai jual produk saya langsung melejit," sambungnya.

Amiroh mengatakan peningkatan bisnis abon miliknya membuat ia semakin semangat dan percaya diri untuk menekuninya. Bahkan, ia menyebut efek semangat ini tak dapat ditandingi oleh motivator manapun.

"Terus terang saja, itu mendatangkan kepercayaan diri yang luar biasa," ungkapnya.

Sejak mengikuti SMEXPO 2020, Amiroh juga sering berbagi cerita tentang produknya kepada reseller dari dalam maupun luar kota. Banyaknya manfaat yang didapat dari kegiatan ini juga membuat Amiroh akan kembali mengikuti Pertamina SMEXPO 2021 yang digelar pada Oktober 2021.

"SMEXPO adalah acara kebanggaan saya bersama Pertamina," pungkasnya.

(akd/hns)