Mau Dibubarin, Eh.. Istaka Karya Garap Kantor Pemda Brebes, Kelar Nggak?

Imam Suripto - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 15:06 WIB
Proyek Kantor Pemda Brebes, digarap PT Istaka Karya
Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

PT Istaka Karya (Persero), salah satu dari 7 perusahaan pelat merah yang mau dibubarkan Menteri BUMN Erick Thohir, sedang menggarap proyek Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) di Brebes. Nilai proyeknya mencapai Rp 120 miliar.

Bakal kelar nggak kira-kira proyeknya? Bupati Brebes Idza Priyanti mengaku optimistis BUMN tersebut bisa menyelesaikan pekerjaannya. Pasalnya, Istaka telah bekerja sama dengan perusahaan lain yaitu PT Chimarder 777, dan proyek tersebut juga sudah groundbreaking.

"Ada info PT Istaka Karya mau dibubarkan sama pak Erick Thohir, sehingga saya langsung rapat. Ini bagaimana. Namun PT Istaka Karya ini sudah melakukan join usaha dengan PT Chimarder 777 dan ini ada bukti dokumen kerja samanya bahwa dua PT ini telah bergabung. Sehingga bila PT Istaka Karya dibubarkan maka akan diteruskan langsung PT Chimarder 777 karena ada join langsung," ujar Idza di sela acara groundbreaking pembangunan Kantor Pemerintah Terpadu Kabupaten Brebes, Senin (27/9/2021).

Selain itu, menurut Idza, pihaknya telah menanyakan terkait kemampuan keuangan dari PT Chimarder 777. Hasilnya, sesuai dokumen lelang asetnya, dari modal yang ada, mencapai Rp 29 miliar. Dalam jaminan lelang untuk pekerjaan Gedung KPT, di rekening banknya Rp 14 miliar untuk PT Chimarder, dan 11 miliar untuk PT Istaka Karya, sehingga totalnya ada Rp 25 miliar.

Gedung KPT Brebes yang akan dibangun itu berlokasi di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes. Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektare. Pembangunan mega proyek itu, dilaksanakan PT Istaka Karya Persero, selaku pemenang tender.

"Pembangunan ini untuk kegiatan pemerintahan di Brebes. Karena bangunan yang lama sudah tidak layak. Semoga nantinya akan bermanfaat bagi warga masyarakat," kata Idza.

Langsung klik halaman kedua, ada daftar 7 BUMN yang mau dibubarkan Erick Thohir.