Jangan Kaget! Ada Menteri BUMN Perempuan 'Pengganti' Erick Thohir Kamis Ini

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 11:52 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Siti Fatimah/detikcom
Jakarta -

Hal menarik terjadi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada Kamis (1/10) akan ada sosok perempuan muda yang menggantikan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sosok tersebut merupakan salah satu kandidat yang dipilih dari program 'Girls Take Over', sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan Plan Internasional Indonesia dan Srikandi BUMN.

Tapi jangan kaget dulu, jabatan Menteri BUMN itu hanya digantikan satu hari saja. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk mendukung kesetaraan gender di Indonesia dan mendukung perempuan muda agar tumbuh menjadi pemimpin khususnya di Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ada enam perempuan muda yang berkesempatan untuk 'Sehari menjadi Menteri dan Dirut BUMN'. Dia mengatakan, program ini sangat strategis dan sesuai dengan transformasi human capital di BUMN.

"Saya yakini proses sangat baik nanti dalam 1-2 hari ini akan ditentukan siapa yang gantiin saya. Saya berharap ke depan dari yang enam ini menjadi women leadership baik di BUMN atau di bidang masing-masing karena penting saya rasa menciptakan leadership ke depan karena nggak mungkin yang jadi pemimpin itu-itu saja," kata Erick di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (27/9) kemarin.

Erick juga memberikan guyonan kepada mereka yang akan menduduki kursi Menteri BUMN sehari. "Satu, untuk yang menggantikan saya, hari ini baru kenal ya jadi prosesnya butuh beberapa hari nanti saya minta hari ini mereka keliling Monas 10 kali karena perlu kuat fisik, karena jadi menteri perlu fisik," tuturnya.

"Kedua dijemur di matahari ya setengah hari karena mesti tahan panas, karena kursi menteri itu kursi panas. Nggak ya itu bercanda," guyonnya.

Selama proses seleksi, peserta akan melakukan dan mengikuti beberapa meeting KemenBUMN, interview langsung dengan Erick Thohir, interaksi dan melihat sejauh mana kemampuan kepemimpinan para peserta.Setelah itu, proses pengambilalihan posisi Menteri BUMN dan pemimpin lainnya akan dilakukan pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2021

Bagi peserta yang tidak terpilih menggantikan Erick akan mengisi kursi direktur utama di lima BUMN yaitu BRI, Angkasa Pura I, Bank Mandiri, Kimia Farma, dan Telkomsel.

Simak juga video '7 Perusahaan BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]



Profil perempuan muda pengganti Erick Thohir dan bos BUMN di halaman berikutnya.