ADVERTISEMENT

Bawa KTP & KK Emak-emak Bisa Dapat Modal Usaha, Cek di Sini Caranya

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 15:08 WIB
sinergiultramikro-bri
Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Diketahui, manfaat bantuan modal usaha dari PNM sudah dirasakan langsung oleh ibu-ibu di Lampung Tengah, baik untuk memulai usaha maupun untuk mengembangkan usaha. Salah satu nasabah PNM, Yeni Martiana mengaku sudah bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar selama kurang lebih 4 tahun.

"Mulanya, ikut bergabung dengan PNM karena ingin mulai usaha kecil. Pinjaman awal dari Rp2 juta, tiap tahun naik siklus jadi Rp 3 juta dan seterusnya kini masuk ke siklus kelima sudah Mekaar Plus Rp7 juta," ujar Yeni.

Ia mengaku modal dari PNM dapat membantunya untuk membuka berbagai usaha di rumah. Mulai dari kredit baju, suplai jajan makanan, dagang beras, juga jual penganan ringan lain di rumah. Menurutnya hal ini bisa membantunya menambah penghasilan, terlebih ia masih memiliki anak kecil sehingga dituntut untuk selalu berada di rumah saja.

Selain Yeni, ada juga kisah Subur, pengusaha tempe di Terbanggi Subing, Gunung Sugih yang mengaku mulai mendapatkan modal dari PNM sejak 3 tahun lalu. Berkat modal ini, ia pun bisa menambah produksi tempe miliknya.

"Dari yang dulu cuma 20kg, lalu maju semenjak ada PNM sekitar 3 tahun ini sampai sekarang bisa 100kg (produksi) per hari," kata Subur.

Sebagai informasi, detikcom bersama BRI mengadakan program Sinergi Ultra Mikro di Bandar Lampung dan Semarang untuk memantau upaya peningkatan inklusi finansial masyarakat melalui sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM dalam Holding Ultra Mikro. Holding Ultra Mikro berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan untuk peningkatan UMKM di Tanah Air. Untuk informasi lebih lengkap, ikuti beritanya di https://sinergiultramikro.detik.com/.


(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT