Dugaan Penipuan Anak Nia Daniaty, Ini Tahapan Seleksi CPNS yang Resmi

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 18:15 WIB
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy

Tahap awal pengumuman lowongan dilakukan oleh Panselnas berdasarkan kebutuhan yang disampaikan oleh panitia seleksi instansi melalui SSCASN. Pengumuman tersebut dilakukan paling singkat dalam 15 hari.

Informasi dalam lowongan ini terdiri dari nama Jabatan, jumlah lowongan, unit kerja penempatan, kualifikasi pendidikan, alamat dan tempat lamaran ditujukan, jadwal tahapan seleksi, syarat pelamaran yang wajib dipenuhi dan helpdesk/call center/media sosial resmi yang dikelola masing-masing instansi pemerintah. Termasuk di dalamnya bobot nilai tes yang akan diselenggarakan.

Beralih ke prosedur pelamaran, satu orang hanya dapat mendaftarkan diri dalam satu instansi baik itu untuk CPNS atau PPPK. Pelamaran dilakukan secara daring melalui SSCASN dan harus mengikuti proses pengunggahan dokumen secara elektronik.

Sesuai Permen PANRB tersebut pasal 31 menyebutkan, seleksi pengadaan CNS atas tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Aturan tersebut juga membahas materi tes yang akan diikuti pelamar CPNS dan PPPK.

Setelah mengikuti keseluruhan tahapan, hasil pengumuman kelolosan akan diumumkan secara terbuka berdasarkan hasil pengolahan integrasi nilai SKD dan nilai SKB. Peserta juga mendapat kesempatan untuk melakukan sanggahan jika keberatan menerima hasil pengumuman.

Adapun jika ada peserta yang lolos namun mengundurkan diri atau meninggal dunia, Panselnas dapat mengusulkan nama pengganti dari peringkat tertinggi di bawah pelamar yang dibatalkan kelulusannya. Hasil diterima atau tidak pun akan dilakukan secara terbuka melalui media massa atau media instansi terkait.


(ara/ara)