Adu Mahal Skuad Sultan: Manchester City Vs PSG, Menang Mana?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 18:11 WIB
PSG vs Man City
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Paris Saint-Germain (PSG) akan menjalani laga akbar dengan Manchester City di Liga Champions. Ini merupakan duel keenam antara Les Parisiens dengan The Citizens di kancah Eropa. City masih belum tumbang dalam 5 pertandingan sebelumnya. Mereka mencatatkan 3 kemenangan dan 2 hasil imbang saat melawan tim ibu kota Prancis itu.

Menarik untuk mengulas sisi lain dari kedua tim milik pengusaha kaya di Tanah Arab tersebut. Kira-kira di antara PSG vs City, mana tim yang paling mahal?

Dalam daftar klub sepak bola termahal di dunia versi Forbes 2020 yang dikutip Selasa (28/9/2021), PSG berada di urutan ke-9 dengan valuasi nilai sebesar US$ 2,5 miliar, setara Rp 35,5 triliun (kurs: Rp 14.200/US$). Klub baru Messi itu dimiliki oleh Qatar Sports Investments sebagai pemegang saham pengendali.

Pendapatan klub tersebut sebesar US$ 599 juta atau Rp 8,5 triliun pada 2020. Sementara pendapatan operasional negatif US$ 5 juta.

PSG disokong oleh sponsor utama, yaitu saluran televisi berlangganan yang menayangkan olahraga beIN Sport, maskapai penerbangan Emirates, perusahaan telekomunikasi Ericsson, Nike, perusahaan telekomunikasi Ooredoo, dan perusahaan jasa keuangan QNB.

Sayangnya PSG kalah dari Manchester City yang berada di peringkat ke-6 tim sepak bola termahal di dunia, nilainya sebesar US$ 4 miliar (Rp 56,8 triliun). Pemegang saham pengendali Manchester City adalah Sheikh Mansour Bin Zayed Al Nahyan.

Pendapatan klub sepak bola tersebut mencapai US$ 609 juta (Rp 8,6 triliun) pada 2020 dan pendapatan operasional negatif US$ 2 juta.

Sponsor utama Manchester City adalah maskapai penerbangan Etihad Airways, operator seluler Mobily, perusahaan judi online global Marathonbet, produsen ban Nexen Tire, produsen otomotif Nissan, dan Nike.

(toy/eds)