Bisnis Perkapalan Mulai Bergeliat Lagi, Ini Buktinya

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 18:56 WIB
Kapal Tongkang
Foto: Kapal Tongkang (istimewa)
Jakarta -

PT Batulicin Nusantara Maritim (BNM) telah merencanakan akan membeli tiga set kapal yang terdiri tugboat baru beserta barge atau lebih dikenal dengan sebutan tongkang.

Rencana pembelian tersebut ditargetkan akan terealisasikan akhir tahun. Set kapal baru yang akan membantu PT. BNM dalam meningkatkan kuantitas pengangkutan batubara tersebut berukuran 300 feet dengan kapasitas mencapai 7500 MT.

Direktur PT. BNM Yuliana mengatakan bahwa pembelian set kapal tersebut akan menopang aktivitas operasional dan meningkatkan mutu pelayanan BNM. Pembelian set kapal tersebut akan dilakukan secara by order ke Karya Teknik Utama (KTU) Shipyard, salah satu perusahaan pembuatan kapal dan pelayanan lainnya di daerah Batam, Kepulauan Riau.

"Alasan utama dari rencana pembelian tiga set kapal tersebut tentunya untuk menambah armada demi memenuhi kebutuhan pelanggan," ujar Yuliana.

Yuliana kembali menjelaskan bahwa apabila penambahan tiga unit kapal tersebut tercapai, maka sebentar lagi PT. BNM akan memiliki 18 set kapal tugboat dan tongkang.

"Kami berharap dengan bertambahnya unit kapal tersebut nantinya dapat memberikan kesempatan bagi PT. BNM untuk melakukan ekspansi pasar secara lebih optimal," kata Yuliana.

Dalam hal pembelian kapal tersebut, Yuliana menyampaikan PT. BNM akan menggunakan dana yang didapatkan dari IPO sesuai yang ada dalam prospektus dan ke OJK.

"Sebagai dampak positif dari meningkatnya aktivitas perdagangan batubara dan prediksi kedepannya komoditi akan terus meningkat, maka PT. BNM tidak ingin ketinggalan dari momen tersebut. Dengan menambah armada, kami berharap kedepannya pasokan batubara dapat lebih kuat," kata Yuliana.

Tren meningkatnya permintaan komoditi batubara ini menurut Yuliana membuat PT BNM sebagai perusahaan yang menyediakan jasa kapal pengangkut batubara diproyeksikan akan memiliki dampak positif akibat meningkatnya permintaan jasa pengangkutan batubara yang diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun ini.

"Dengan penyediaan tiga set kapal yang baru tersebut kami berharap akan membantu BNM dalam meningkatkan laba bersih di tahun mendatang," tutup Yuliana.

Sebagai informasi, Batulicin Nusantara Maritim dimiliki oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Mardani H. Maming dan Ketua Umum HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar Maming.

(dna/dna)