ADVERTISEMENT

Kapan Pelindo I-IV Merger? Erick Thohir: Hari Ini!

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 13:05 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Empat BUMN pelabuhan yakni PT Pelindo I hingga IV akan digabung. Rencananya, aksi merger ini akan dilaksanakan pada hari ini tepatnya 1 Oktober 2021.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Pelindo menjadi salah satu fokus core business (fokus utama) di BUMN. Apalagi, kata dia, saat ini biaya logistik Indonesia masih jauh lebih mahal ketimbang negara lain.

"Biaya logistik kita masih jauh lebih mahal dari banyak negara di dunia, 24%. Rata-rata logistik cost di dunia itu 11%," kata Erick saat menjadi pembicara dalam acara Dies Natalis Untirta, Jumat (1/10/2021).

Perihal kabar merger (penggabungan) Pelindo I-IV, Erick berharap hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Perpres tersebut. "Hari ini Insyaallah ini spesial buat Pelindo, hari ini yang mestinya bapak Presiden menandatangani Perpres penggabungan Pelindo," ujarnya.

Ke depan, diharapkan dengan penggabungan Pelindo dapat menyeimbangkan pasar dengan infrastruktur yang ada. Sehingga biaya logistik dapat ditekan.

"Kita harapkan dengan penggabungan Pelindo ini, sebagai negara dengan kelautan yang besar, kita juga kembali membalance-kan pasar kita dengan infrastruktur yang Pelindo punya dan kita terus berupaya menekan logistik cost," jelasnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya baru mengetahui bahwa setelah Pelindo digabungkan, peti kemas Indonesia menempati posisi ke delapan terbesar di dunia. "Jadi kita bisa, cuman mau nggak kita memastikan transformasi itu konkrit bukan sekedar wacana. Dan kalau kita gali terus banyak sekali aset-aset yang sangat bermanfaat buat kita. Core bisnis di BUMN sekarang harus menjadi kepastian dari transformasi yang ada," tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah memang berencana melakukan merger empat BUMN yang berada di sektor pelabuhan. Dalam merger tersebut, PT Pelindo II akan berperan sebagai surviving entity atau perusahaan penerima penggabungan.

Rencananya, nama perusahaan setelah merger akan berubah menjadi PT Pelabuhan Indonesia. Peraturan Pemerintah tentang merger Pelindo masih dalam proses dan akan berlaku setelah ada penandatangan Akta Penggabungan.

Lihat juga video 'Duet Anies-2 Menteri Jokowi, Buat Transportasi Jabodetabek Terintegrasi':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Menteri BUMN Erick Thohir Luncurkan Metanesia"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT