ADVERTISEMENT

Resmi Merger, Pelindo Jadi Operator Terminal Peti Kemas Terbesar ke-8 di Dunia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 18:45 WIB
Aktivitas di pelabuhan peti kemas
Foto: dok. Pelindo I
Jakarta -

BUMN pelabuhan PT Pelindo I-IV resmi merger. Adanya penggabungan ini menjadikan Pelindo sebagai operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penggabungan Pelindo tersebut telah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Keuangan.

"Alhamdulillah, penggabungan empat BUMN pelabuhan, berintegrasi menjadi satu Pelindo sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan, dan PP dari Presiden Joko Widodo dalam juga sudah disahkan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021).

Erick mengatakan, merger ini membuat pelabuhan Indonesia semakin kuat. Serta, meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

"Seperti yang sering saya ungkapkan, penggabungan ini dilakukan untuk membuat industri kepelabuhanan nasional yang lebih kuat, dan meningkatkan konektivitas maritim di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN di bidang kepelabuhanan," paparnya.

Lanjutnya, penggabungan ini memberikan nilai tambah. Salah satunya menjadikan Pelindo operator peti kemas terbesar ke-8 di dunia.

"Penggabungan akan dapat memaksimalkan sinergi dan penciptaan nilai tambah. Salah satunya, terbuka peluang perusahaan untuk go global. Integrasi ini menempatkan Pelindo menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia," ujarnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT