Jangan Senang Dulu Ekonomi Mulai Pulih, Prosesnya Masih Panjang!

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 02 Okt 2021 12:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy: Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Jakarta -

Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2021 berhasil mencapai 7,07%. Sejumlah indikator pun telah menunjukkan perbaikan dibanding tahun lalu dan kuartal sebelumnya.

Eits... tapi jangan senang dulu. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta jajarannya tidak boleh puas diri dan terlena dengan capaian tersebut. Proses pemulihan ekonomi disebut masih panjang.

"Kuartal II tahun ini ekonomi kembali tumbuh positif di 7,07%. Ini baru merupakan sebuah proses pemulihan yang masih akan sangat panjang. Jadi kita tidak boleh puas dan terlena dengan pertumbuhan yang cukup tinggi pada kuartal II tahun 2021 ini," kata Sri Mulyani dalam Peringatan Hari Bea Cukai ke-75 dilihat virtual, Sabtu (2/10/2021).

Pasalnya adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat ekonomi kuartal III-2021 kemungkinan akan melambat lagi. Jadi perolehannya diyakini akan lebih rendah dari kuartal II.

"Terbukti pada Juli kita harus melakukan pengetatan kembali PPKM Level 4 di hampir semua bagian Indonesia dan tentu ini akan mengancam kembali pemulihan ekonomi yang masih sangat awal tersebut," tuturnya.

Dalam masa pandemi ini, Sri Mulyani meminta jajaran untuk terus melakukan tugas pelayanan masing-masing, serta menjaga perekonomian dan melindungi masyarakat.

"Kita harus masih berjuang dan menjaga pemulihan tersebut. Ini adalah sebuah pekerjaan besar, sebuah panggilan negara dan merupakan tugas yang utama," tambahnya.

(aid/hns)