Pertamina Beri Rp 300 Juta ke 3 Peserta Terbaik Kompetisi Ide Bisnis

Khoirul Anam - detikFinance
Minggu, 03 Okt 2021 14:54 WIB
Pertamina Gelar Ajang Ide Bisnis untuk Mahasiswa
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pertamina menggelar ajang kompetisi ide bisnis tingkat mahasiswa dengan tema 'Pertamuda, Seed, and Scale 2021'. Dalam ajang tersebut, tiga peserta terbaik telah mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp 300 juta.

Ketiga peserta, yakni Tim Chickin dari Universitas Brawijaya, Tim Analitica dari Universitas Airlangga, dan Tim Tekpang dari Universitas Indonesia. Adapun penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam gelaran 'Awarding Night' yang berlangsung di Bali pada Jumat (1/10).

Nicke menyampaikan pihaknya berkewajiban mendukung pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di poin 4, yakni pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia.

"Namun kita tidak mau berhenti di situ. Kita harus beyond, seperti halnya juga Pertamina harus melakukan transformasi ke arah yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, SDGs yang akan kita capai bukan hanya yang nomor 4, tetapi kita harus masuk lagi ke tujuan yang nomor 8 dari SDGs, bagaimana pendidikan ini bisa mendukung ke arah pencapaian pertumbuhan ekonomi dari aspek kewirausahaan. Hal ini sangat penting mengingat kewirausahaan adalah penyumbang 60% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia," ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Minggu (3/10/2021).

Hal ini, kata dia, yang melatarbelakangi Pertamina menggelar ajang tersebut, yakni untuk mendorong tumbuhnya para wirausahawan muda, lahirnya start up baru dari berbagai kampus yang dapat menjadi Unicorn. Hal ini sebagaimana yang digaungkan oleh Kementerian BUMN untuk mendorong seluruh BUMN turut andil melahirkan unicorn-unicorn muda Indonesia.

Ia menegaskan, kompetisi tersebut menjadi ajang untuk mempersiapkan etos kewirausahaan di kalangan pemuda. Dengan kegiatan ini, ia berharap para generasi milenial dapat menjadi generasi ekonomi digital yang menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi.

"Saya sangat bangga dengan achievement ini. Walaupun hanya dalam waktu tiga bulan, kita bisa memilih dan menyeleksi inovasi-inovasi yang sangat relevan dengan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa kita dan mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik," tegas Nicke.

Diketahui, Tim Chickin mengusung ide bisnis Aplikasi Smart Farm Micro Climate Controller sebagai solusi untuk peternakan ayam agar lebih produktif dan efisien. Sementara itu, ide bisnis dari Tim Analitica mengusung Platform Edukasi Try Out Online yang dirancang khusus untuk persiapan ujian SBMPTN, Ujian Mandiri, Kedinasan, dan Olimpiade. Adapun ide bisnis Tim Tekpang mengusung alat teknologi untuk pengolahan pupuk nitrat cair sebagai penguatan ketahanan pangan pasca pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, ajang tersebut diikuti 2.025 peserta dan menghasilkan 50 tim yang lolos di babak penyisihan dari 23 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

(fhs/hns)