Terminal Bus di RI Bakal Dibangun 'Nempel' Hotel hingga Perkantoran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 12:21 WIB
Nishitetsu, sebuah perusahaan transportasi swasta di Jepang mengoperasikan kereta dan bus. Intip bagaimana terminal bus bisa rapi, bersih dan teratur saat antre
Ilustrasi/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Pemerintah sedang melakukan perubahan wajah terminal bus di Indonesia. Terminal bus yang biasanya identik sebagai tempat ramai yang kotor, kumuh, dan banyak premannya bakal memiliki wajah baru.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan perubahan wajah baru ini sedang dilakukan secara bertahap. Perubahan akan dimulai di beberapa Terminal Tipe A di beberapa daerah.

Terminal bus menurutnya bukan lagi hanya berfungsi untuk naik turun penumpang dan tempat berhenti bus antar kota. Namun akan ada banyak aktivitas lain di dalam terminal.

"Kalau sebelumnya cuma buat naik turun penumpang saja, berikutnya kami ubah dengan konsep mixed use," ungkap Budi dalam acara Investor Gathering Kemenhub, Senin (4/10/2021).

Budi mengatakan rencana perubahan wajah baru terminal akan dilakukan dengan mengecilkan porsi untuk kegiatan naik turun penumpang. Area-area terminal yang biasanya sangat luas akan dimaksimalkan sebagai pusat-pusat bisnis.

"Terminal sedang kita down size yang tadinya ukuran besar mau diturunkan lagi, jadi kegiatan bus itu hanya sebagian kecil seperempat dari lahan yang ada sisanya akan dikerjakan untuk sektor swasta sebagai area bisnis," kata Budi.

Lihat juga Video: Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah: Tingkatkan Kualitas Pelayanan

[Gambas:Video 20detik]