Pandora Papers: 'Humas' Putin Dapat Diskon Borong Bioskop di Rusia

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 13:53 WIB
Konstantin Ernst
Pandora Papers: 'Humas' Putin Dapat Diskon Borong Bioskop di Rusia
Jakarta -

Pandora Papers bikin heboh karena mengungkap pejabat hingga orang kaya dunia menggunakan negara-negara surga pajak menyembunyikan asetnya.

Salah satu nama yang terlibat adalah orang dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, dia adalah Konstantin Ernst, yang merupakan kepala eksekutif stasiun TV terkemuka Rusia. Ia punya peran penting dalam menciptakan citra positif bagi Putin.

International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) menyebut Ernst mendapat diskon untuk membeli dan mengembangkan bioskop era Soviet dan properti sekitarnya di Moskow setelah ia mengarahkan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi. Kesepakatan itu dibiayai oleh VTB Bank, sebuah lembaga milik negara yang telah disebut sebagai 'celengan' Putin.

Properti itu dijual dengan harga paling rendah dalam lelang yang diselenggarakan pemerintah Moskow. Aksi pelelangan itu disebut sudah dirancang sedemikian pula agar Ernst bisa mendapatkan properti tersebut.

Pandora Papers juga menunjukkan Ernst adalah penerima pinjaman senilai US$ 16,2 juta yang digunakan untuk mendanai sahamnya dalam kesepakatan itu.

Lebih lanjut, dokumen itu juga mendokumentasikan bagaimana Ernst bergabung dalam kemitraan dengan seorang tokoh media Rusia yang terkait dengan beberapa sekutu terdekat dan paling kuat Putin.

Ernst kemudian angkat bicara dan mengatakan bahwa kesepakatan itu bukan rahasia dan membantah ia diberi perlakuan khusus. Dia menolak menjawab pertanyaan ICIJ dengan alasan ICIJ bukan perusahaan investigasi independen tetapi organisasi yang ditugaskan oleh dinas rahasia AS.



Simak Video "Dokumen Pandora Papers 'Seret' Nama Pemimpin Dunia, Termasuk Pejabat RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)