Ringo Starr Sampai Elton John Ikut Terendus Punya 'Tabungan Siluman'

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 12:31 WIB
Elton John dari instagram pribadinya.
Foto: Dok. Instagram/eltonjohn
Jakarta -

Publik dunia dihebohkan oleh temuan skandal Pandora Papers. Jutaan dokumen berisi data harta tersembunyi, pengemplangan pajak, sampai pencucian uang yang dilakukan orang-orang kaya di dunia baru saja terungkap.

Temuan ini diungkap oleh International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ). Lebih dari 600 jurnalis dari 117 negara sudah menyusuri jutaan dokumen yang dibocorkan 14 sumber itu selama berbulan-bulan. Seminggu sekali para jurnalis ini melaporkan temuannya ke publik.

Sederet tokoh-tokoh dan pesohor dunia masuk ke dalam daftar ini. Tak terkecuali di dunia hiburan, sederet musisi disebut masuk dalam daftar Pandora Papers dan memiliki harta tersembunyi. Siapa saja?

1. Shakira

Penyanyi latin Shakira menjadi salah satu nama yang masuk dalam Pandora Papers. Shakira dituding memiliki sebuah perusahaan cangkang offshore di British Virgin Island.

Meski begitu, dilansir dari Rolling Stone, pengacara Shakira menegaskan perusahaan yang terhubung dengan Shakira dalam skandal Pandora Papers dikelola secara terbuka dan transparan. Termasuk juga dalam hal informasi soal kepemilikan Shakira.

Pengacara juga mengatakan perusahaan itu tidak didirikan untuk tujuan-tujuan tertentu yang menguntungkan Shakira.

"Hari ini mereka tidak memiliki pendapatan atau aktivitas apa pun dan, pada kenyataannya, mereka sedang dalam proses likuidasi," kata pengacara Shakira.

2. Elton John

Penyanyi serta penulis kawakan asal Inggris, Elton John juga ikut-ikutan terseret namanya dalam Pandora Papers. Dalam hasil investigasi ICIJ, Elton disebut memiliki hubungan dengan kantor firma hukum Tulloch and Co, dia merupakan klien bagi kantor hukum tersebut.

Yang jadi masalah, firma hukum yang berbasis di London itu diduga membantu dan mengamankan aset orang super kaya Rusia. Pangeran Harry dan Meghan Markle juga disebut sebagai klien kantor hukum tersebut.

Namun, laporan The Hollywood Reporter yang dilansir Rolling Stone menyebut Elton John disebut ikut mendirikan perusahaan cangkang offshore di negara-negara surga pajak macam British Virgin Island, Panama, ataupun Bahama.

Simak Video: Airlangga Disebut Masuk Pandora Papers, Golkar: Sumbernya Belum Jelas

[Gambas:Video 20detik]