Apa Itu Perusahaan Cangkang yang Disebut di Pandora Papers?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 11:19 WIB
Yordania dan Rusia Kritik Pandora Papers
Apa Itu Perusahaan Cangkang yang Disebut di Pandora Papers?
Jakarta -

Perusahaan cangkang sering disebut dalam dokumen Pandora Papers. Dokumen tersebut mengungkap kepemilikan aset dan perusahaan cangkang di negara surga pajak 'tax haven' atau terkadang disebut negara suaka pajak. Apa itu perusahaan cangkang?

Perusahaan cangkang adalah sebuah perusahaan yang bisnisnya tidak aktif, asetnya sangat sedikit, atau bahkan perusahaan yang hanya ada di atas kertas. Gampangnya, ada sebuah perusahaan yang hanya sekadar nama tapi tidak memiliki aset seperti kantor.

Perusahaan cangkang tidak semuanya ilegal, tapi kadang disalahgunakan, misalnya untuk 'menyembunyikan' kepemilikan bisnis dari penegak hukum atau publik. Demikian disadur detikcom dari Investopedia, Rabu (6/10/2021).

Alasan bagi perusahaan untuk mendirikan perusahaan cangkang di negara surga pajak adalah untuk menghindari pajak di negaranya.

Di Amerika Serikat (AS), perusahaan diizinkan secara hukum untuk mendirikan perusahaan cangkang di negara-negara 'offshore', yaitu negara dengan pajak yang lebih rendah. Beberapa orang mengatakan kode pajak AS sendirilah yang memaksa perusahaan domestik untuk membuat perusahaan cangkang di luar negeri.

Perusahaan cangkang juga bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan lembaga keuangan untuk melakukan aktivitas keuangan di pasar luar negeri. Hal itu memungkinkan mereka untuk berinvestasi di pasar modal di luar batas negaranya dan merealisasikan potensi penghematan pajak.

Simak video 'Airlangga Disebut Masuk Pandora Papers, Golkar: Sumbernya Belum Jelas':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana perusahaan cangkang bisa disalahgunakan? klik halaman berikutnya.