SM-JYP Entertainment Mau Bangun Kompleks K-Pop Raksasa, Ini Lokasinya!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 14:55 WIB
SM Entertainment
Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta -

Sejumlah perusahaan entertainment besar seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, dan FNC Entertainment berencana mengubah distrik Songdo Incheon menjadi kompleks budaya K-Pop.

Dilansir Koreaboo, Rabu (6/10/2021), menurut laporan eksklusif dari Chosun Biz, proyek untuk mengubah distrik Songdo Incheon menjadi kompleks K-Pop terbesar di Korea ini akan langsung dipimpin oleh SM Entertainment. JYP Entertainment dan FNC Entertainment juga akan berpartisipasi dalam proyek skala besar tersebut.

Dikabarkan bahwa SMTown Planner, anak perusahaan SM Entertainment sudah berdiskusi tentang rencana mengubah Songdo menjadi 'kota K-Pop' dengan banyak situs dan tempat dengan menggabungkan konten K-Pop. Sedangkan untuk biaya proyek ini sendiri ditaksir akan mencapai triliunan won.

SMTown Planner sedang mempertimbangkan apakah akan mendirikan perusahaan terpisah hanya untuk proyek ini dengan berkoordinasi dengan agensi hiburan lain yang berpartisipasi, termasuk JYP Entertainment dan FNC Entertainment yang telah setuju untuk bergabung dalam proyek tersebut.

"Perusahaan hiburan diharapkan menjadi penyedia IP (intellectual property/kekayaan intelektual) untuk kota seperti itu, dan mereka juga perusahaan besar dengan keuangan, dana yang akan dapat berpartisipasi dalam proyek semacam itu. Perusahaan real estate juga diharapkan untuk berpartisipasi," kata orang dalam yang tidak ingin dibuka identitasnya.

Dengan K-Pop menjadi fenomena budaya yang begitu besar di seluruh dunia, banyak perusahaan hiburan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan provinsi untuk membuat kompleks K-Pop.

Sebelumnya SM Entertainment telah merencanakan proyek serupa dengan mengumumkan rencana untuk membuat kompleks SMTown di Changwon senilai 101 miliar won (sekitar US$ 85,1 juta atau Rp 1,2 triliun). Namun ketidaksepakatan antara pemerintah Changwon dan SM Entertainment membuat rencana itu tertunda.

HYBE dan YG Entertainment juga telah bekerja sama dengan Naver untuk membangun kompleks budaya di Uijeongbu senilai 70 miliar won (sekitar US$ 59 juta atau Rp 837,8 miliar). Kompleks itu akan mencakup studio yang dapat membuat pertunjukan menggunakan efek khusus dan teknologi lain yang dapat disiarkan langsung.



Simak Video "Melihat Dampak Kebijakan Baru China Terhadap Industri K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)