China Blokir Sementara 21 Akun Fan K-Pop! BTS-Blackpink Jadi 'Korban'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 10:00 WIB
BTS
Foto: dok. Big Hit Music
Jakarta -

Penggemar K-Pop menjadi korban tindakan 'keras' pemerintah China. Hari Minggu, media sosial China, Weibo mengumumkan telah memblokir sementara 21 akun penggemar karena perilaku yang dinilai tidak rasional.

Akun-akun tersebut telah ditangguhkan selama 30 hari, di mana akun tersebut didedikasikan untuk sejumlah anggota K-Pop seperti BTS, Blackpink, EXO dan IU.

Larangan sementara itu muncul setelah akun penggemar untuk anggota BTS Jimin ditangguhkan. Di dalam pemberitahuan akun fan Jimin tersebut berbunyi, akun tersebut dilarang memposting karena melanggar peraturan komunitas Weibo.

"Akun tersebut untuk sementara dilarang memposting karena melanggar peraturan komunitas Weibo," bunyi pemberitahuan tersebut dikutip dari CNN, Rabu (8/9/2021).

Weibo menambahkan bahwa beberapa posting blog juga telah dihapus. Weibo menyatakan, akan dengan tegas menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius.

Dalam beberapa pekan terakhir, industri hiburan menjadi target pemerintah China. Sebelumnya, salah satu artis terkemuka di China yakni Zhao Wei atau Vicky Zhao dihapus di internet dalam semalam.

Halaman penggemarnya di Weibo ditutup. Film dan acara televisi yang ia bintangi dikeluarkan dari platform streaming, dan namanya juga dihapus dari daftar pemeran.

Simak Video: 21 Akun Penggemar IU-BTS Diblokir China

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)