25 Tahun Jadi Guru Honorer, Sukardi Akhirnya Lolos PPPK 2021

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 12:33 WIB
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan, hari ini merupakan pengumuman kelulusan bagi guru honorer yang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021. Dia mengucapkan selamat bagi 173.329 orang yang dinyatakan lolos dan akan diangkat menjadi PPPK.

"Saya ingin mengucapkan selamat 173 ribu yang sudah mendapatkan formasi dan akan diangkat menjadi PPPK. Ini merupakan angka terbesar," kata Nadiem dalam konferensi pers yang disiarkan langsung secara virtual, Jumat (8/10/2021).

Nadiem menceritakan pengalamannya saat menginap di salah satu rumah guru honorer, Sukardi asal Lombok Tengah. Dia mengatakan, Sukardi sudah 25 tahun mengabdi sebagai guru honorer.

"Beliau mendapatkan kesempatan bekerja yang gajinya 4-5 kali lebih besar dari guru honorer tapi beliau tidak menginginkan itu, beliau mencoba dan balik lagi kepada menjadi guru. Waktu saya tanya, kenapa? Padahal itu bisa membantu keluarga, beliau bilang hati saya hanya untuk murid," kata Nadiem saat menceritakan momen tersebut.

Nadiem bilang, Sukardi hanya memiliki satu alasan untuk menjadi guru. Bukan soal uang ataupun stabilitas kerja, namun karena keinginannya melihat murid-murid yang selama ini diajar menjadi orang sukses.

"Beliau mendapatkan kepuasan yang luar biasa untuk melihat murid-muridnya sukses. Dan saya sangat terharu waktu beliau bilang bertemu dengan muridnya dan muridnya sudah menjadi kepala sekolah," ujarnya.

Akan tetapi di satu sisi Sukardi bangga melihat muridnya sukses namun di sisi lain dia malu bahwa dirinya masih menjadi guru honorer. Hal itu pun disampaikan Sukardi kepada Nadiem Makarim.

Oleh sebab itu, bersamaan dengan pengumuman kelulusan PPPK Guru 2021, Nadiem mengucapkan selamat bagi Sukardi yang telah dinyatakan lolos menjadi PPPK Guru.

"Hari ini saya dengan senang hati Anda sudah lolos seleksi, waktu itu saya belum bisa menyebutnya, Anda sudah lolos seleksi. Selamat bapak (Sukardi) sudah menjadi PPPK dan inilah kesempatan bagi semua guru honorer yang sudah mengabdi dan punya aspirasi tinggi untuk mendapat nafkah yang jauh lebih layak," pungkasnya.

(fdl/fdl)