Bikin Geleng-geleng, Segini Kekayaan Jumbo Pangeran Arab yang Beli Newcastle

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 14:30 WIB
Newcastle United resmi diakuisisi konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Sosoknya yang kontroversial kembali disorot usai akuisisi Newcastle
Foto: Getty Images
Jakarta -

Konsorsium milik Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman resmi mengakusisi 100% Newcastle United. Pembelian klub sepak bola tersebut dilakukan melalui Dana Investasi Publik (Public Investment Fund/PIF). Lalu siapa sosok sultan yang satu ini?

Mohammad bin Salman adalah Putra Mahkota Arab Saudi. Dia menempati posisi terpenting kedua di negaranya setelah Raja Salman yang adalah ayahnya sendiri. Tetapi pada kenyataannya Pangeran Arab Saudi itu adalah orang yang paling penting dan berpengaruh di kerajaan, mengingat ayahnya menderita Alzheimer.

Bin Salman memperoleh posisi tersebut pada musim panas 2017 setelah perebutan kekuasaan dengan sepupunya Mohammad Bin Nayef, yang awalnya bernama Putra Mahkota tetapi kemudian dicopot dari semua posisi. Demikian disadur detikcom dari The Sun, Jumat (8/10/2021).

Pria berusia 34 tahun itu juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan wakil perdana menteri Arab Saudi.

Bicara soal aksinya membeli klub sepak bola, Newcastle disebut menyetujui pengambilalihan dengan dasar bahwa Arab Saudi, khususnya Bin Salman tidak akan terlibat dalam pengambilan keputusan di klub sepak bola tersebut.

"Premier League, Newcastle United Football Club dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," bunyi keterangan yang dikutip.

Sejauh ini, pengaruh Arab Saudi dalam sepak bola dunia relatif kecil, dengan investasi Emirat dan Qatar menjadi pusat perhatian dengan masing-masing pembelian Manchester City dan PSG.

Lantas berapa kekayaan Bin Salman? Baca di halaman selanjutnya



Simak Video "Uangnya Tak Berseri! Sebelum Newcastle, MBS Caplok McLaren dan Pagani"
[Gambas:Video 20detik]