Petugas Damkar Turun Tangan Evakuasi Kartu ATM di Saluran Air, Ini Kisahnya

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 12:15 WIB
Jakarta -

Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta mengevakuasi kartu ATM warga yang terjatuh di saluran air. Kartu ATM terjatuh ke saluran air yang tertutup di dekat Bank DKI Matraman, Jakarta Timur.

"Menurut informasi, saat pemilik akan membayar bakso dan mengeluarkan dompet. Lalu kartu ATM miliknya terjatuh dan masuk ke lubang saluran air. Pemilik langsung menghubungi petugas #DamkarDKI untuk melakukan pengambilan ATM tersebut. Setelah -/+ 5 menit, ATM berhasil diambil," cuit akun @humasjakfire dikutip Sabtu (9/10/2021).

Sejumlah netizen mempertanyakan kenapa warga tersebut tidak meminta bank menerbitkan ulang kartu ATM yang terjatuh ke saluran air.

Konfirmasi Damkar

Humas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Mulat Wijayanto saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya menangani kebakaran saja, melainkan bantuan lain yang dibutuhkan masyarakat.

Mulat memperkirakan pelapor meminta bantuan Damkar dikarenakan layanan bank tutup pada akhir pekan.

"Dari sisi humas, memang pelapor kondisinya kemarin hari Jumat dan sampai Sabtu-Minggu bank tutup. Mungkin di sisi lain pelapor memikirkan dua hari mungkin itu lama dan kebutuhan sangat penting," kata Mulat kepada detikcom.

Kepala Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman menjelaskan kronologi lengkapnya. Hal ini terjadi pada Jumat pukul 16.07 WIB. Pelapor datang ke Sudin Damkar Matraman melaporkan kartu ATM jatuh di gorong-gorong saat ingin membayar bakso.

Sebanyak enam personel datang ke lokasi untuk mengevakuasi kartu ATM sekitar lima menit.



(ara/ara)