Top! Alga Made In Klaten Terbang ke Amerika hingga Eropa

Achmad Syauqi - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 20:00 WIB
Alga RI
Top! Alga dari Klaten Terbang ke Amerika hingga Eropa
Jakarta -

BUMDes dan pemuda di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah memproduksi berbagai produk berbahan mikroalga. Produksi berbahan alga itu bahkan sudah menjangkau Amerika dan negara-negara Eropa.

"Kita sudah pernah ekspor ke Amerika, Rusia juga sudah, sempat ke Perancis juga sudah. Ini yang sedang kita jajaki ke Jepang dan Swiss," ungkap Direktur utama PT Algaepark Indonesia Mandiri, Rangga Warsita Aji pada wartawan di lokasi pengembangbiakan alga air tawar Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Sabtu (9/10/2021) siang.

Dijelaskan Rangga, awal mula pengembangan alga itu bermula dari penelitian saat kuliah dan 2018 mulai dirintis skala mikro produksi. Hasilnya diproduksi dan ditawarkan ke Bali.

"Ternyata respon pasar cukup bagus khususnya customer di kalangan bule, salah satunya dari Bali. Dari situ mulai kita buat produk turunan lain, suplemen, sabun, serum dan lainnya," ungkap Rangga.

Produk saat ini, kata Rangga, ada yang produk murni alga dan ada yang ditambah bahan lainnya. Produk murni yang sudah dihasilkan adalah kapsul super food.

"Untuk produk murni misal kapsul. Tapi untuk sabun dan serum ada tambahan bahan lain seperti collagen dan bahan aman lainnya," papar Rangga.

Produk kapsul, jelas Rangga, memang ditujukan untuk menggantikan produk food kimiawi ke organik dengan lebih mudah dan sederhana. Cukup dua kapsul nutrisi bisa tercukupi.

"Kapsul itu mengganti multivitamin kimiawi, karena ini organik dan nilai manfaat tinggi sehingga orang mengkonsumsi lebih mudah dan sederhana," lanjut Rangga.