Jokowi Yakin RI Bisa Jadi Ekonomi Terbesar Ke-7 di Dunia

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 11:00 WIB
Presiden Jokowi membuka Konsultasi Nasional XIII Tahun 2019, Forum Komunikasi Kaum Bapak, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)
Jokowi Yakin RI Bisa Jadi Ekonomi Terbesar Ke-7 di Dunia
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030. Salah satu pendorongnya adalah kemajuan digital.

Jokowi meminta agar perkembangan teknologi di dunia keuangan harus dikawal ketat. Dia juga meminta untuk tetap difasilitasi perkembangannya agar juga dapat memberikan sumbangsih positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sebab dia yakin Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar memiliki potensi kuat untuk bersanding bersama China dan India menjadi negara raksasa digital. Jika itu tercapai maka target menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia di 2030 akan tercapai.

"Jika kita kawal secara cepat dan tepat, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi raksasa digital, setelah China dan India dan bisa membawa kita menjadi ekonomi terbesar dunia ketujuh di 2030," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).

Dia juga menambahkan, harus dilakukan upaya membangun ekosistem keuangan digital yang kuat dan berkelanjutan. Tidak hanya berkembang, tapi juga bisa bertanggung jawab.

"Memiliki mitigasi risiko atas kemungkinan timbulnya permasalahan hukum dan permasalahan-permasalahan sosial, untuk mencegah kerugian meningkatkan perlindungan kepada masyarakat," tambahnya.

Lanjut halaman berikutnya.