Cerita Perempuan Muda Asal Bandung Jadi Dirut Telkomsel Sehari

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 14:55 WIB
Jadi Dirut Telkomsel Sehari
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel berpartisipasi dan mendukung kampanye #GirlsTakeOver 2021 dengan membuka peluang bagi perempuan muda terpilih untuk menggantikan Direktur Utama Telkomsel selama satu hari. Langkah ini merupakan upaya Telkomsel mendukung pemberdayaan peran perempuan untuk berkembang di industri teknologi sekaligus memperingati Hari Anak Perempuan Internasional.

Seperti diketahui, melalui kampanye #GirlsTakeOver ini, enam perempuan muda dari berbagai provinsi terpilih sebagai finalis untuk mengambil alih (take over) Menteri BUMN dan lima Direktur Utama BUMN selama sehari. Salah satu di antaranya adalah Putri, seorang mojang Priangan berusia 20 tahun, yang berkesempatan duduk di kursi kepemimpinan tertinggi Telkomsel selama sehari pada 30 September 2021.

"Saya takeover Direktur Utama Telkomsel, Bapak Hendri Mulya Syam, selama sehari. Menurut saya Telkomsel memiliki kemampuan mengidentifikasi dan membina talent-talent muda yang berpotensi untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

"Telkomsel juga berkomitmen untuk membina lebih banyak talenta perempuan muda untuk dapat mengembangkan skill-nya dalam bidang teknologi digital, sehingga diharapkan komposisi perempuan yang bekerja di Telkomsel akan terus meningkat di masa mendatang," jelas Putri.

Ia mengaku telah aktif di kegiatan sosial sejak kuliah, sehingga bisa menjadi kandidat yang tepat dalam merepresentasikan semangat #YangKitaBisa di tengah masyarakat.

Putri menyampaikan ia juga tergabung dalam Forum Anak Daerah sebagai konselor sebaya di kampung halamannya, yang berfokus pada upaya pengentasan tradisi pernikahan dini pada perempuan muda, sekaligus mendukung pemberdayaan kaumnya yang putus sekolah. Ia percaya bahwa dapur, sumur, dan kasur bukanlah pilihan terakhir bagi perempuan.

Terkait perannya sebagai Acting CEO Telkomsel selama sehari, Putri mengaku telah dibekali terlebih dulu dengan motivasi serta pengetahuan di industri teknologi. Adapun pembekalan ini ia dapatkan melalui sesi mentoring bersama Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam, Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh, dan Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti.

Putri menambahkan dirinya juga mendapatkan pengalaman langsung untuk memimpin jalannya rapat bersama direktur sales, marketing, dan network Telkomsel dengan memberikan arahan serta strategi ke depan. Selain memimpin rapat, perempuan yang merupakan sarjana pertanian ini juga berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan karyawan-karyawan perempuan Telkomsel melalui sesi berbagi 'Women in Tech Telkomsel'.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengungkap perempuan muda yang terpilih diberi kesempatan untuk menggantikan dirinya pada Kamis (30/9) lalu.

"Partisipasi dalam perhelatan #GirlsTakeOver 2021 merupakan wujud nyata dari komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco yang mendukung kesetaraan karier dan kepemimpinan perempuan di industri teknologi, khususnya di lingkungan kerja Telkomsel," ungkap Hendri.

Klik halaman selanjutnya >>>