Kementan Pastikan Tak Ada Ricuh Saat Demo Peternak

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 22:44 WIB
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri,
Foto: Dok. Kementan-Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri
Jakarta -

Kementerian Pertanian menanggapi pemberitaan adanya kericuhan dalam demo peternak yang berlangsung di Kementan, Senin (11/10) yang lalu. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri mengatakan kejadian seperti dalam pemberitaan tidak sepenuhnya benar.

"Memang ada diskusi yang hangat, dan ada sedikit kesalahpahaman saja. Selesai dengan baik kok. Saya kira kami tidak akan berpolemik soal tersebut. Kami fokus memperjuangkan kesejahteraan petani dan peternak mandiri," jelas Kuntoro dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Kuntoro menambahkan beberapa hal yang diusulkan untuk perbaikan tata kelola peternakan yang disampaikan peternak mandiri, sudah sesuai dengan arah kebijakan Kementan. Karenanya Kementan akan terus mendukung upaya penyempurnaan kebijakan.

"Kementan tetap akan membina dengan baik para peternak mandiri, dan upaya untuk menjaga stabilitas stok protein hewani dan bahan baku pakan ternak, kami kerjakan secara simultan melalui ditjen-ditjen teknis terkait," tutup Kuntoro.

Diberitakan sebelumnya, Pertemuan antara peternak unggas mandiri dengan Kementerian Pertanian sempat diwarnai keributan. Kementan memberi penjelasan. Insiden itu terjadi Senin (11/10) tepat saat peternak melakukan aksi damai di Jakarta, salah satunya di Gedung Kementan.

Kementan menjelaskan kronologi awal terjadinya keributan saat pertemuan dengan Peternak. Hal itu dijelaskan melalui video pendek berdurasi 52 detik.

Berdasarkan video yang diterima detikcom, Selasa (12/10), awal terjadi keributan karena ada salah satu peternak yang emosi. Terlihat di video tersebut, di tengah audiensi seorang peternak emosi menendang kursi.

Sebelumnya, peternak mengklaim bahwa keributan berawal setelah peternak membacakan dan menyerahkan surat pernyataan yang dibuat peternak untuk Kementan.

"Nah tiba-tiba datang orang itu entah dari mana dan ngamuk-ngamuk sampai ngajak berkelahi ke para peternak (seperti di video)," jelas Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nusantara (PPRN) Alvino Antonio kepada detikcom.

(ega/hns)