Whuuss... Begini Rasanya Jajal Sirkuit Mandalika Seharga Rp 950 M

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 07:18 WIB
Sirkuit Mandalika
Whuuss... Begini Rasanya Jajal Sirkuit Mandalika Seharga Rp 950 M

Sedangkan kesiapan area di luar sirkuit Mandalika, untuk akomodasi terdapat hotel bintang 5, bintang 4, hingga bintang 3 sekalipun yang beberapa di antaranya masih dalam tahap pembangunan.

"Five star-nya itu ada Novotel dan Pullman. Yang four star atau three star ada sekitar 20, kalau yang kurang ada di homestay. Tapi itu bukan hambatan," tuturnya.

Dyan mengatakan proyek ini menelan biaya sebesar Rp 950 miliar. Tetapi itu hanya untuk pembiayaan track-nya, sedangkan keseluruhan sirkuit (beserta bangunan penunjang) bisa mencapai Rp 1 triliun lebih.

"Untuk track kita keluar Rp 950 miliar. Kalau dengan sirkuitnya Rp 1,7 triliun sampai Rp 1,8 triliun," tuturnya.

Untuk diketahui, salah satu keunggulan sirkuit Mandalika karena aspal yang digunakan berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA), merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan itu diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya kuat, dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan.

Dengan adanya kehadiran sirkuit Mandalika yang juga akan menggelar MotoGP pada Maret 2022 mendatang, diharapkan dapat mengundang turis dan mendatangkan pariwisata wilayah setempat.


(fdl/fdl)