Whuuss... Begini Rasanya Jajal Sirkuit Mandalika Seharga Rp 950 M

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 07:18 WIB
Sirkuit Mandalika
Whuuss... Begini Rasanya Jajal Sirkuit Mandalika Seharga Rp 950 M
Jakarta -

Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menggelar balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021. Bagaimana persiapannya?

detikcom berkesempatan langsung menjajal sebagian Sirkuit Mandalika. Secara keseluruhan kondisi jalan sudah beraspal 100% sepanjang 4.310 m2 dengan tikungan sebanyak 17. Debris fence juga telah terpasang sepanjang track yang fungsinya sebagai pagar penahan agar motor atau puing tidak memasuki area penonton jika ada insiden yang tidak diinginkan terjadi.

Selama melintasi sirkuit Mandalika, mata dimanjakan dengan pemandangan indah bukit dan pantai. Tampak beberapa pekerja masih sibuk menyelesaikan proyek, sehingga truk-truk besar dan alat berat banyak ditemukan di luar area sirkuit.

Pekerja tersebut sedang fokus untuk menyelesaikan fasilitas pendukung sirkuit Mandalika seperti pit building (50 garasi dengan 2 lantai), paddock, hingga medical facility.

"Itu adalah modular seperti kayak rumah sakit COVID dibikin oleh salah satu kontraktor. Sekarang sudah on the way kita rencananya itu dipasang minimal sebelum World Superbike sudah ada dan itu dibangun sekaligus dengan listriknya, dengan Telkom-nya," kata Kepala Divisi Operasional MGPA Dyan Dilato di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/10/2021).

Selain itu juga sedang dikejar penyelesaian race control di depan area sirkuit Mandalika. Itu merupakan ruangan khusus yang diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. Ruangan ini memiliki persyaratan seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun Internasional, jaringan Wi-Fi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu, hingga transponder.

Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika Foto: Anisa Indraini

Lanjut halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Ogah Kalah dari Mandalika, Bamsoet Mau Sirkuit Sentul Gelar MotoGP-F1

[Gambas:Video 20detik]