Bos IMF Buka Suara soal Dugaan Manipulasi Laporan EoDB

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 11:30 WIB
Kristalina Ivanova Georgieva
Kristalina Ivanova Georgieva/Foto: Dok. IMF
Jakarta -

Pimpinan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Kristalina Georgieva memastikan tudingan manipulasi laporan Ease of Doing Business (EoDB) atau peringkat kemudahan berbisnis 2018, tidak akan mengganggu kerja sama antara IMF dan Bank Dunia.

"Kerja sama antara bank-bank itu kuat selama beberapa dekade dan akan tetap demikian. Kami memiliki tantangan besar, besar di depan kami, di mana institusi kami bekerja sama dan terbaik untuk diatasi," katanya dikutip dari Reuters, Kamis (14/10/2021).

Georgieva menegaskan kerja sama antara IMF dan Bank Dunia dilakukan untuk mengatasi pandemi COVID-19, mengatasi tingkat utang yang tinggi di antara negara-negara berkembang, dan kerja sama dalam penilaian sektor keuangan.

Sebagai informasi, Georgieva dituduh melakukan manipulasi laporan EoDB yang biasa dirilis Bank Dunia tiap tahunnya. Ia diduga sengaja meminta pegawainya mengubah data untuk meningkatkan peringkat China.

Tindakan itu terjadi pada laporan EoDB 2018 di mana Georgieva menjadi petinggi di Bank Dunia. Akan tetapi, Georgieva dengan keras membantah tuduhan itu.

Beberapa petinggi pun termasuk ekonom Joseph Stiglitz, Presiden Bank Dunia David Malpass, dan Mark Weisbrot, co-direktur Center for Economic and Policy Research, meminta Kongres AS untuk menyelidiki kasus tersebut.

(ara/ara)