Dongkrak Ekonomi Desa, Begini Langkah Sandiaga Uno

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 11:08 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Dongkrak Ekonomi Desa, Begini Langkah Sandiaga Uno
Jakarta -

Desa Wisata yang selama ini menjadi program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ternyata mampu meningkatkan lapangan pekerjaan penduduk desa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, 50 desa wisata yang terpilih sebagai desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) membuktikan membantu perekonomian masyarakat desa tersebut. Dirinya mencatat dengan adanya desa wisata maka tingkat kesejahteraan masyarakat yang mengembangkan desa wisata meningkat 35-40%.

"Iya ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa," katanya dalam keterangan tertulis.

Sandi mengungkapkan, dengan adanya desa wisata maka desa tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa tersebut. dimana masyarakat bisa melakukan pengembangan kegiatan apapun di desa tersebut.

"Jadi masyarakat bisa membuka toko souvenir, pentas kesenian, dan juga bazzar kuliner," tegasnya.

Menurutnya yang paling banyak dikembangkan di hampir seluruh desa wisata yang ada dalam ADWI 2021 adalah di bidang kuliner. Oleh karena itu, pihaknya juga memberikan pendampingan guna mengembangkan produk-produk masyarakat sehingga bisa meningkatkan pendapatan dengan kemasan yang lebih menarik.

"Kita juga bantu pemasarannya, dan kita ikut bantu promosikan," tukasnya.

(fdl/fdl)