Jelang Libur Nataru, Luhut Ingatkan Potensi Gelombang Ketiga COVID

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 18 Okt 2021 18:20 WIB
Infografis  sederet tugas Menko Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewanti-wanti soal gelombang ketiga COVID-19. Khususnya menjelang datangnya liburan natal dan tahun baru 2021.

"Kita masih harus berjaga-jaga terhadap kemungkinan gelombang ke tiga pada natal dan tahun baru yang akan datang," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10/2021).

Dia mengatakan dalam beberapa waktu ke depan jajaran pemerintah akan melakukan rapat untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga COVID-19 saat libur natal dan tahun baru.

Dia mengatakan gelombang ketiga bisa saja disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang tinggi saat liburan natal dan tahun baru. Ditambah lagi, efek imunitas pasca vaksinasi yang bertahan hanya sementara mulai menurun.

"Kalau bisa lampaui Nataru ini dengan baik, berarti kita sudah masuk endemi, saat itu kita harapkan sudah ada obat antivirus untuk ini," kata Luhut.

Di sisi lain, dia juga mengatakan saat ini pun sudah banyak kegiatan di tengah masyarakat yang abaikan protokol kesehatan. Misalnya saja acara pernikahan, ataupun kunjungan masyarakat ke tempat wisata.

Hal itu pun menurutnya telah menjadi atensi utama Presiden Joko Widodo dalam rapat evaluasi PPKM yang dilakukan hari ini.

"Pak presiden ingatkan sudah banyak kegiatan yang kadang-kadang mengabaikan protokol kesehatan, misalnya pernikahan ataupun tempat pariwisata. Kami imbau agar seluruh masyarakat tetap patuh," kata Luhut.



Simak Video "Luhut: Potensi Industri Game Indonesia Capai US$ 2 miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)