Ada Tiket Kelas VIP di Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Berapa Harganya?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 07:30 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Ada Tiket Kelas VIP di Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Berapa Harganya?
Jakarta -

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung akhir tahun depan. Sudah ada bocoran tiketnya nih. Tiketnya nanti akan dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Kelas II, Kelas I, dan VIP. Apa bedanya ya?

Perbedaan paling mencolok terlihat dari pengaturan kursi di masing-masing kelas. untuk Kelas II pengaturan kursinya 3-2 di dalam gerbong. Artinya 3 baris kursi di satu sisi dan 2 baris di sisi lain.

Sementara untuk Kelas I pengaturan kursinya 2-2, dan kelas VIP pengaturannya 1-2. Jadi semakin tinggi kelasnya, semakin berasa lapang di dalam gerbong.

"Harga tiketnya mulai Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu. Yang paling mahal itu VIP," kata Direktur Utama (Dirut) KCIC Dwiyana Slamet Riyadi ketika berkunjung ke Transmedia, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Dalam satu rangkaian kereta cepat (trainset) terdapat delapan gerbong. Dalam sekali jalan, tersedia 18 tiket VIP, 28 tiket Kelas I, dan 555 tiket Kelas II.

Sehingga total ada 601 orang bisa berangkat ke Jakarta atau ke Bandung sekali jalan. Waktu tempuhnya diperkirakan 36-45 menit.

Para penumpang VIP dan Kelas I ditempatkan di gerbong paling depan dan paling belakang, alias gerbong nomor satu dan delapan. Sementara para penumpang Kelas II menempati gerbong dua hingga tujuh, salah satu gerbong berbagi dengan kereta makan.

Nanti ada empat stasiun yang dibangun, dari rencana awal lima stasiun. Perusahaan patungan BUMN RI dan China itu membatalkan sementara pembangunan Stasiun Walini demi efisiensi biaya.

Sehingga total stasiun yang akan dibangun menjadi empat, yaitu: Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

(ang/fdl)