Keras! Erick Thohir Mau Copot Bos BUMN yang Tak Mau Berubah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 10:16 WIB
pOster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir akan terus memantau sektor pangan dalam setahun ke depan. Erick menegaskan, petinggi BUMN yang tidak mau ikut transformasi akan dicopot.

Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam acara Grand Launching Produk Pangan dan Non Pangan BUMN, Selasa (19/10/2021).

"Saya akan sangat serius memantau pangan setahun ke depan dan mohon maaf yang tidak ikut transformasi pastinya akan saya bongkar, akan saya ganti," katanya.

"Dan ini sudah banyak terjadi di banyak BUMN. Jadi nggak ada kaleng-kalengan ngomongnya. Saya pastikan, saya ganti," tambahnya.

Erick menjelaskan, perubahan petinggi BUMN ini bukan alasan suka atau tidak suka. Ia pun bercerita, belum lama ini mengajak direksi dari 20 BUMN bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 30 hingga 40% direksi itu ialah direksi yang diangkat Menteri BUMN sebelumnya.

"Dari 20, 30%-40% leadership yang dipilih oleh menteri sebelumnya, tidak saya ubah. Karena kita me-managing sesuatu bukan karena suka tidak suka. Tapi apa, hasilnya yang saya lihat," katanya.

Erick bilang, transformasi yang terjadi di BUMN sudah terlihat hasilnya. Selama pandemi, BUMN telah berkontribusi Rp 377 triliun pada negara.

"Tidak mungkin kita bicara transformasi BUMN hanya sekadar banner, hasilnya. Dan hasilnya terlihat hari ini. Apa, kita bicara, karena ini korporasi, kita bisa lihat kontribusi kita di kala COVID Rp 377 triliun," katanya.



Simak Video "Momen Erick Thohir Dilantik Jadi Anggota Kehormatan Banser"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)