Solar Langka di Beberapa Daerah, Giliran RI Alami Krisis Energi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 14:56 WIB
Papan penanda Bahan Bakar Minyak (BBM) solar habis terpasang di SPBU yang tutup, kawasan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/10/2021). Tutupnya SPBU tersebut diduga karena keterlambatan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) khususnya di wilayah Medan dan Deliserdang beberapa pekan terakhir. ANTARA FOTO/FRANSISCO CAROLIO/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carollio
Jakarta -

Krisis energi melanda sejumlah negara seperti China, Inggris dan India karena sejumlah sebab. Di Indonesia, fenomena kelangkaan solar terjadi di beberapa daerah belum lama ini. Pertanyaannya, apakah sudah kirisis energi?

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform Fabby Tumiwa mengatakan, kemungkinan kelangkaan solar di berbagai daerah dipicu oleh harga minyak yang tinggi. Dia menduga, kuota solar subsidi sudah mulai tipis sehingga dibatasi.

"Ini harus dicek, yang saya duga yang pertama karena memang kuotanya sudah mau habis jadi harus dibatasi. Distribusinya yang subsidi dibatasin," katanya kepada detikcom, Selasa (19/10/2021).

Kemudian, ia juga menduga, hal itu sebagai langkah Pertamina untuk mengantisipasi pihak-pihak yang tak layak mendapat solar subsidi. Sebab, harga solar industri harganya lebih tinggi.


Meski demikian, ia menyebut, fenomena itu bukanlah krisis energi. Sebab, pasokan energi relatif stabil."Kedua, upaya untuk pembatasan ini dilakukan oleh Pertamina dalam rangka menghindari agar mereka yang tidak layak membeli solar bersubsidi jangan sampai pengguna industri membeli solar bersubsidi," katanya.

"Menurut saya tidak. Kita tidak mengalami kekurangan pasokan energi dan harga energi di dalam negeri relatif stabil, serta tidak ada efek panic buying. Kelangkaan yang terjadi hanya BBM jenis solar dan tidak masif. Pasokan bahan bakar untuk pembangkit listrik PLN juga aman dan tidak ada pemadaman bergilir," terangnya.

Simak video 'Solar di Surabaya Langka Akibat Minim Jatah, Sopir Truk Mengeluh!':

[Gambas:Video 20detik]