Ojol Rusia Tantang Dominasi Grab-Gojek, Kelebihannya Apa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 11:55 WIB
ojol
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban

inDriver berhasil menoreh prestasi yang cukup mengesankan di tahun 2021 ini. Aplikasi ini berhasil menyelesaikan 1 miliar perjalanan di seluruh dunia pada bulan Juni serta melampaui 100 juta unduhan di platform Android maupun iOS di seluruh dunia baik pada bulan September.

Di Indonesia sendiri, inDriver sudah ada sejak tahun 2019 dan melakukan program uji coba di kota Medan. Dalam kurun waktu dua tahun, inDriver berhasil memperluas cakupan operasionalnya di lebih dari 50 kota sebelum akhirnya hadir di Jakarta.

"Respons yang kami terima semenjak itu sangat luar biasa. Kami yakin para pengguna di wilayah Jabodetabek juga melihat inDriver sebagai salah satu opsi menarik saat akan bepergian," kata Egor.

Bukan cuma inDriver, sebelumnya sudah ada ojol asal Rusia juga yang ikut menggoyang dominasi Gojek dan Grab. Ada Maxim yang juga sudah mengaspal di Indonesia sejak 2019.

Namun, saat awal kemunculannya, Maxim justru mendapatkan protes lantaran tarif yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang ojek online.

Puncaknya, para driver dari Grab dan Gojek menggeruduk kantor penyelenggara transportasi online Maxim di Jalan RM Sangaji, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Driver yang berasal dari dua aplikator besar di Indonesia ini menuntut agar Maxim memberlakukan tarif sesuai peraturan.


(hal/eds)