Ajaib! Saudi Sulap Tempat Ngebor Minyak Bumi Jadi 'Disneyland'

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 16:30 WIB
Arab Saudi berencana untuk menyulap anjungan minyak menjadi taman ekstrem seluas 150.000 meter persegi dan resor yang terletak di Teluk Arab.
Foto: Dok. Public Investment Fund
Jakarta -

Arab Saudi berencana untuk menyulap anjungan minyak menjadi 'taman ekstrem' seluas 150.000 meter persegi dan resor yang terletak di Teluk Arab. Sederhananya itu mirip dengan Disneyland tapi berada di fasilitas instalasi pemboran minyak (rig).

Meski ingin mengurangi ketergantungannya pada 'emas hitam', negara Timur Tengah itu ingin menggunakan industri minyaknya sebagai inspirasi untuk objek wisata baru. Demikian disadur detikcom dari CNN, Rabu (20/10/2021).

Didanai oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, The Rig akan terdiri dari tiga hotel dan 11 restoran yang tersebar di sejumlah anjungan yang terhubung, serta wahana roller coaster dan aktivitas memacu adrenalin seperti bungee jumping dan skydiving.

"Proyek ini merupakan atraksi wisata yang unik, diharapkan dapat menarik wisatawan dari seluruh dunia," demikian pernyataan dari PIF.

Jadwal penyelesaian proyek tersebut belum ditentukan. Namun, taman ekstrem tersebut digadang-gadang sebagai tujuan wisata pertama di dunia yang terinspirasi oleh anjungan minyak lepas pantai.

Atraksi mendatang sedang dirancang sejalan dengan strategi jangka panjang Visi Saudi 2030, yang bertujuan untuk memposisikan kembali Arab Saudi sebagai tujuan wisata internasional teratas dan mendiversifikasi ekonominya.

Arab Saudi bertekad untuk memposisikan dirinya sebagai hotspot global yang memikat yang dapat bersaing dengan tetangganya, Dubai, Abu Dhabi, dan Oman. Arab Saudi ingin menarik 100 juta wisatawan setiap tahun pada akhir dekade ini.

(toy/eds)