Bedah Formula Tarif Endorse Rachel Vennya Tembus Ratusan Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 07:00 WIB
Rachel Vennya
Foto: dok. Instagram @rachelvennya
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya menjadi perbincangan publik karena tidak menjalani karantina di Wisma Atlet sepulang dari luar negeri. Belum selesai sampai di situ, publik kembali dibuat terkejut setelah daftar harga (rate card) endorse yang mengatasnamakan Rachel Vennya beredar di media sosial.

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar di Twitter, tarif endorse Rachel Vennya berupa konten IG photo (feed) mencapai Rp 45 juta/postingan, IG multiple (tambahan) Rp 10 juta/foto, dan IG video (feed) Rp 80 juta/postingan, IGTV Rp 100 juta/postingan.

Selanjutnya IG Live Rp 65 juta/jam, IG story Rp 12 juta/story dan tambahan Rp 7,5 juta/story, dan IG reels Rp 80 juta/postingan. Kemudian tarif endorse di TikTok Rp 60 juta/postingan, dan Youtube Rp 150 juta.

Namun diumbarnya rate card Rachel Vennya menuai pro dan kontra. Ada netizen yang menyayangkan hal semacam itu disebar ke publik karena menganggap itu sebagai 'rahasia dapur' orang. Adapula netizen yang menganggap rate card sama seperti daftar harga menu di restoran.

Namun belum dapat dipastikan kebenaran rate card yang beredar tersebut. Terlepas dari itu, jasa endorse telah menjadi ladang uang yang menguntungkan bagi para selebgram atau influencer.

Pakar marketing pun membeberkan faktor yang membuat tarif endorse bisa mencapai seratus jutaan rupiah. Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak video 'Apakah Rachel Vennya Akan Jawab Panggilan Polda?':

[Gambas:Video 20detik]