Layanan Kirim Barang Pakai Drone Makin Menjamur

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 11:50 WIB
Jasa Pengiriman Barang dengan Drone oleh Wing
Foto: Dok. Alphabet
Jakarta -

Layanan pengiriman barang menggunakan drone semakin marak. Kemarin, Alphabet mengumumkan bahwa Walgreens kini telah bermitra dengan Wing untuk membawa pengiriman berbasis drone ke sebagian wilayah Dallas-Forth Worth Texas. Raksasa toko obat itu akan menjadi yang pertama memanfaatkan sistem penyebaran drone yang baru diluncurkan.

Menjelang pengumuman minggu ini, Wing telah menguji penerbangan drone di Hillwoods AllianceTexas Flight Test Center yang berbasis di Fort Worth. Dalam beberapa minggu mendatang, penerbangan uji coba akan dimulai di kota Frisco dan kota Little Elm di wilayah sekitarnya, dengan ekspansi komersial lebih lanjut diharapkan dalam beberapa bulan mendatang.

Demikian dikutip dari TechCrunch, Kamis (21/10/2021). Sebelumnya Alphabet telah menguji sistem di Australia dan telah mengoperasikan pengiriman skala kecil di kota Christiansburg di Virginia sejak 2019. Perusahaan telah bekerja dengan FAA untuk mulai memperluas ke daerah yang lebih padat penduduknya.

"Pada bulan April 2019, Wing menjadi operator pesawat tak berawak pertama yang disertifikasi sebagai maskapai penerbangan oleh Administrasi Penerbangan Federal, memungkinkan kami mengirimkan barang komersial ke penerima yang jauhnya bermil-mil, dan kami mendapat versi izin yang diperluas untuk diluncurkan di Virginia pada bulan Oktober 2019," kata seorang perwakilan kepada TechCrunch.

"Sekarang, kami sedang mengupayakan izin untuk perluasan ini, dan kami akan melakukan uji terbang dan mendemonstrasikan kemampuan baru kami di area tersebut dalam beberapa minggu mendatang sebagai bagian dari proses itu. Sebelum meluncurkan layanan kami di DFW, kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang di tingkat lokal, negara bagian, dan federal untuk mengamankan semua izin yang sesuai." lanjutnya.

Dalam implementasi awal ini, drone akan lepas landas dari tempat parkir Walgreens. Sistem, yang secara efektif menggunakan kontainer drone sebagai hanggar, juga dapat ditempatkan di atap atau di samping bangunan.

"Hingga saat ini, layanan jenis ini di Amerika Serikat terbatas pada kota-kota kecil, di mana penggunaan lahan tidak terlalu ramai dan kompleks," kata Alphabet dalam rilisnya.

"Pesawat Wing yang andal dan kemampuan perencanaan dan perutean penerbangan yang canggih membuatnya secara unik mampu mengoperasikan layanan pengiriman drone yang sangat otomatis di lingkungan operasi yang lebih ramai dan kompleks." jelas Alphabet.

Lihat juga video 'Toko Online Akan Kirim Barang Pakai Drone':

(eds/eds)