Dorong Penyediaan Air Konsumsi, Danone Investasi di Nazava

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 09:13 WIB
Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air
Foto: iStock
Jakarta -

Danone Communities, lembaga impact investment dan inkubator bisnis sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah, mengumumkan investasi pada perusahaan sosial Nazava di Indonesia.

Investasi ini juga mendukung upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mencapai target 100% akses air minum layak dan 15% air minum aman di 2024, serta 100% akses air minum aman pada 2030. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 2,2 miliar orang, atau 1 dari 3 orang di dunia, tidak memiliki akses air minum yang aman.

Melihat pentingnya peningkatan akses masyarakat terhadap air minum, Danone Communities mengumumkan investasi terbarunya pada Nazava, sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi menyediakan air minum yang aman dan terjangkau bagi siapapun dan dimanapun dengan memproduksi dan menjual saringan air minum berkualitas tinggi dengan harga yang murah bagi rumah tangga.

Didirikan di Indonesia pada 2009 oleh dua warga negara Belanda, Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik, Nazava menyediakan air minum bagi lebih dari 450.000 orang berpenghasilan rendah dan menargetkan untuk menjangkau 2 juta orang di 2024.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dimana 72% dari total populasi menggunakan air sumur sebagai air minum, dan kurang lebih sekitar 26.000 anak-anak meninggal dunia rata-rata per tahunnya karena diare akibat mengkonsumsi air minum yang terkontaminasi, Nazava telah mengembangkan model yang inovatif.

Bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal dan internasional, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Delft University, Belanda, saringan air minum yang telah teruji secara global ini, didesain agar aspiratif dan mudah digunakan. Produk ini didistribusikan secara luas di Indonesia lewat jaringan penjualan lembaga keuangan mikro (MFI), reseller, dan situs e-commerce.