Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Kru, Keselamatan Pekerja Film Jadi Sorotan

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 21:30 WIB
Jakarta -

Aktor Alec Baldwin secara tidak sengaja menembak hingga menewaskan seorang sinematografer bernama Halyna Hutchins. Insiden itu terjadi saat syuting film berjudul 'Rust' di Santa Fe, Amerika Serikat (AS) pekan ini.

Dengan adanya insiden itu, banyak industri mulai menanyakan tentang kondisi kerja di lokasi syuting. Pertanyaan ini muncul saat Aliansi Internasional Karyawan Panggung Teater AS (International Alliance of Theatrical Stage Employees/IATSE) bertemu dengan Aliansi Produser Film dan Televisi untuk teken kontrak tiga tahun.

Dalam pertemuan, keduanya juga membahas seruan serikat pekerja atau kru syuting yang mendesak agar memiliki jam kerja yang layak, kondisi lokasi kerja yang aman, dan benefit yang layak.

Usai insiden tewasnya Hutchins, IATSE pun mengeluarkan pernyataan yang mendorong para pekerja atau kru untuk menghubungi hotline keselamatan serikat pekerja jika merasa tidak aman di lokasi syuting.

"Menciptakan budaya keselamatan membutuhkan kewaspadaan tanpa henti dari kita masing-masing, hari demi hari. Tolong, jika Anda melihat sesuatu, laporkan," kata IATSE dalam keterangan resmi dikutip dari CNBC, Sabtu (23/10/2021).

Dari informasi terpisah, usai insiden tersebut terkuak sejumlah kru dalam produksi Rust merasa keamanan saat produksi kurang. Bahkan hal itu juga dirasakan sebelum insiden terjadi.

Los Angeles Times melaporkan, mengutip tiga kru Rust yang tidak disebutkan namanya juga protes akan jam produksi yang berlebih.

Rust Movie Productions membantah. Cek halaman berikutnya.