Tips Biar Nggak Kaku saat Presentasi di Depan Klien, Ini Kuncinya!

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 20:14 WIB
Ilustrasi presentasi.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Presentasi bisnis merupakan hal yang krusial untuk kelanjutan bisnis suatu perusahaan. Bagi sebagian orang, presentasi bisnis layaknya makanan sehari-hari yang sudah sering dilakukan. Namun bagi sebagian lainnya, presentasi bisnis bisa jadi hal menantang yang tampak menakutkan.

Untuk bisa mengatasi ketakutan tersebut, tentunya Anda perlu mengetahui trik yang tepat agar tak lagi kaku dan bisa menyampaikan presentasi dengan lancar. Dengan serangkaian persiapan yang matang dan latihan berkala, Anda bisa menampilkan presentasi keren yang bakal berpengaruh untuk kelanjutan bisnis.

Dilansir bussinessnewsdaily, Sabtu (23/10/2021), berikut sejumlah tips yang bisa jadi kunci sukses saat melakukan presentasi bisnis di hadapan klien:

Kenali Audiens Anda

Sebelum melakukan presentasi, ada baiknya untuk Anda mengenali audiens. Misalnya, mengenali minat dan kebutuhan klien serta memahami seluk beluk perusahaan dan bisnis yang digeluti klien sehingga Anda bisa menyiapkan solusi serta penjelasan yang komprehensif saat presentasi nantinya.

Ketika Anda sudah mengenali audiens, Anda juga bisa sedikit demi sedikit mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul dalam presentasi nantinya.

Kuasai Materi yang Akan Disampaikan

Presentasi yang baik bukanlah sekadar menghafal poin yang akan disampaikan, tapi perlu dipahami secara menyeluruh untuk dapat meyakinkan klien soal apa yang Anda sampaikan. Dengan memahami dan menguasai materi yang akan disampaikan, Anda pun akan lebih tenang dan percaya diri sehingga bisa lebih rileks saat melakukannya di depan klien. Dijamin, cara ini bakal mengusir cemas dan menghilangkan risiko gagal di hadapan klien.

Latih Presentasi Anda

Ketika harus berbicara dengan orang-orang di industri tertentu, ada baiknya Anda memastikan diksi atau pilihan kata yang digunakan bisa dipahami dengan baik oleh klien. Anda bisa memastikan hal ini dengan melakukan latihan di depan rekan kerja yang berkenan membantu mengevaluasi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melatih presentasi sendiri, di depan cermin misalnya, untuk lebih mempersiapkan diri agar lebih pede dan luwes saat melakukannya langsung di hadapan klien.

Fokus pada Strategi dan Tujuan

Sebelum melakukan presentasi, Anda tentunya sudah memiliki strategi dan tujuan tertentu yang akan dituju. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan tinggal fokus pada strategi dan tujuan tersebut.

Dengan berfokus pada strategi dan tujuan, Anda akan lebih bisa mengendalikan diri saat melakukan presentasi. Serta lebih tenang dan lancar saat presentasi, tanpa terburu-buru karena rasa gugup yang mungkin tiba-tiba dirasakan di tengah presentasi.

Jadilah Diri Sendiri

Hal terakhir yang bisa Anda coba adalah menjadi diri sendiri saat melakukan presentasi bisnis. Menjadi diri sendiri bukan berarti Anda bebas sembarangan menyampaikan presentasi tanpa memikirkan kelanjutan bisnis ke depannya.

Cara ini justru bisa membuat Anda lebih nyaman saat menyampaikan pesan penting tanpa terpaku pada satu gaya tertentu yang bisa membuat klien bosan atau tidak tertarik dengan pitch yang disampaikan. Saat Anda menjadi autentik dan bisa menyampaikan sesuatu dengan jujur, biasanya klien akan lebih menghargai dan yakin dengan apa yang Anda sampaikan.

Selain mempersiapkan 5 cara di atas, salah satu kunci sukses lain saat melakukan presentasi bisnis di hadapan klien ialah mempersiapkan perangkat penunjang yang bisa mendukung aktivitas profesional Anda. Misalnya, laptop yang akan digunakan untuk mempersiapkan dan menayangkan materi presentasi dengan baik, jelas, dan tanpa membuat mata lelah.

Untuk mendukung hal itu, Anda bisa gunakan jajaran laptop dari ASUS yang dibekali layar OLED. Dengan layar ini, Anda tak perlu takut mata lelah meski harus menyiapkan materi presentasi bisnis dalam waktu lama. Sebab, ASUS dengan layar OLED telah dilengkapi beberapa fitur Eye Care Display yang mumpuni dan mendukung penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengurangi keletihan mata saat melihat laptop.

"Ketika gua pakai yang pertama kali dirasain banget adalah dia nggak nyakitin mata jadi bener bener enak nyaman banget di mata, apalagi ketika dipakai kerja berjam-jam," ujar Aga Rasidi Sukandar, salah satu peserta survei yang digelar detikcom.

AsusFoto: dok. Asus

Panel ASUS OLED dilengkapi fitur Low Blue-Light yang dapat membuat mata lebih nyaman dan juga fitur Anti Flicker yang membuat mata tidak mudah letih. ASUS OLED juga sudah bersertifikasi Low Blue-Light dan Anti-Flicker dari TUV Rheinland yang dikhususkan untuk perawatan mata, sehingga Anda bisa tetap merasa nyaman dan tidak perlu khawatir saat harus menatap layar laptop seharian.

Adapun kecanggihan dari fitur Eye Care Display ini bisa Anda temukan di seri produk terbaru dari ASUS, seperti ASUS ZenBook Pro 15 (UX535) dan ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang dibekali prosesor Intel® Core™ generasi ke-10.

Selain kedua perangkat tersebut, ada juga VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dan ZenBook 13 OLED (UX325) yang dibekali Intel® Core™ generasi ke-11. Adapun VivoBook Ultra 15 OLED (K513) didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi 11, sedangkan ZenBook 13 OLED (UX325) dibekali prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-11.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi canggih ASUS OLED dan jajaran laptop ASUS OLED, Anda bisa cek di sini.



Simak Video "Ingin Sukses Bisnis, Coba Keluar Dari Zona Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ara)