Bertemu Dubes, Presiden Makedonia Utara Diberi Sepeda Bambu Buatan UKM RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 24 Okt 2021 12:15 WIB
Pertemuan Dubes RI Iwan Bogananta dengan Presiden Makedonia Stevo Pendarovski
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Dubes RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta bertemu dengan Presiden Makedonia Utara, Stevo Pendarovski. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Pendarovski mendapatkan sepeda bambu buatan UKM Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas mengenai kerja sama di sektor ekonomi dan pariwisata. Iwan juga dalam kesempatan itu menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu juga Iwan memberikan tanda mata berupa sepeda bambu buatan usaha kecil dan menengah tanah air, sebagai simbol harapan Indonesia dapat membangun hubungan bilateral yang lebih erat dengan Makedonia Utara.

"Saya gembira sekali bisa bertemu dengan Presiden Stevo Pendarovski sekaligus menyampaikan salam hormat dari Presiden Jokowi setelah penyerahan kredensial secara daring berlangsung pada April lalu," ungkap dalam keterangannya, Minggu (24/10/2021).

Iwan menyatakan, dengan pertemuan langsung yang berlangsung itu, pintu kerja sama Indonesia dan Makedonia Utara semakin terbuka.

"Kami membahas rencana kerja sama bilateral kedua negara secara luas, khususnya bidang ekonomi dan pariwisata," ungkap Iwan.

Dalam kesempatan itu juga Iwan menyinggung keindahan Makedonia Utara, terutama adanya Danau Ohrid, salah satu destinasi wisata mempesona di Eropa kawasan Timur, yang juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia Unesco sejak 1979.

"Saya mendapat banyak saran untuk berkunjung ke Danau Ohrid, terutama di musim panas mendatang. Demikian pula untuk kawasan turisme lain di Makedonia Utara," kata Iwan.

Makedonia Utara, negara yang memiliki kekayaan budaya, seni, musik, puisi dan arsitektur ini merupakan pecahan Yugoslavia dengan penduduk sekitar 2 juta orang, dengan sekitar 35 Warga Negara Indonesia ada di sana.



Simak Video "Ekosistem Gojek Membantu Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)